Majukan Kopi Semendo, Bupati MoU Dengan Puslitkoka

Laporan: Edwinsyah Satria

advertorial  KAMIS, 01 MARET 2018 , 16:35:00 WIB

Majukan Kopi Semendo, Bupati MoU Dengan Puslitkoka

rmolsumsel

RMOL. Sebagai bentuk nyata guna memajukan daerah dari bidang perkebunan khusuanya kopi, Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar melakukan kesepakatan bersama dengan Direktur Pusat Penelitian Kopi Dan Kakao (Puslitkoka) yang diwakili oleh Dr. Ir. Misnawi, di Jember, Rabu (28/2).

Dalam MoU ini, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao akan membantu Pemkab Muara Enim dalam mengembangkan kopi farian dari Semendo agar bisa menghasilkan kualitas maksimal dengan rasa terbaik.

Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar mengatakan, dengan ditandatanganinya kesepahaman ini maka diharapkan kedepan, hasil kopi dari Bumi Serasan Sekundang alan semakin baik lagi.

Pengembangan yang akan dilakukan mulai dari pembibitan, penanaman, pemilihan biji kopi dan pengolahan. Jadi nanti kopi Semendo bisa benar dikenal dunia, khususnya jenis arabica yang saat ini sedang gencar kita budidayakan,” tukasnya.
                
Seperti diketahui, saat ini Kabupaten Muara Enim khususnya daerah Semendo, masih mengandalkan kopi jenis Robusta. Namun berdasarkan penelitian, kopi jenis Arabica sangat mungkin untuk dikembangkan dan meningkatkan penghasilan karena nilai jual yang lebih tinggi.[Adv/Edwin]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00