Selain Pulau Kemaro, Ada Kampung Kapitan Pada Perayaan Cap Go Meh

PEMKOT PALEMBANG  RABU, 28 FEBRUARI 2018 , 18:10:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Selain Pulau Kemaro, Ada Kampung Kapitan Pada Perayaan Cap Go Meh

Youth Crative Festival 2018/RMOLSUMSEL/Raden Mohd Solehin

RMOL. Selama ini wisatawan Kampung Kapitan kurang begitu dilirik wisatawan diberbagai belahan dunia. Padahal, objek cagar budaya yang terletak di kawasan Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I ini, memiloki potensi wisata yang cukup besar.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pariwisata Kota Palembang, menggelar Youth Crative Festival 2018, dalam rangka Cap Go Meh at Kampung Kapiten.

Kepada RMOL Sumsel, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, KMS. Isnaini Madani menyampaikan, untuk meramaikan perayaan Cap Go Meh, hari ini, Rabu (28/2/18), pihaknya akan menggelar Palembang Youth Creative Festival.

Dimana, hal itu menjadi bagian dari program restorasi objek wisata yang bernilai budaya.

"Hari ini kita buka Youth Creative Festival 2018, yang akan menyajikan banyak ragam acara. Dimana, kita berharap tamu-tamu yang hadir pada perayaan Cap Go Meh dipulau Kemaro, dapat memiliki pilihan untuk dapat mampir," jelasnya.

Isnaini menerangkan, ada 23 show yang akan ditampilkan dalam Palembang Youth Creative Festival ini. Seperti pertunjukan barongsai, musik akustik, wayang tradisional, serta pagelaran wushu dan kungfu.

Selain itu akan pula dipertunjukan dance performance, atraksi becak Cina, Dul Muluk, Wayang Palembang, dan berbagai pertunjukan kreatif lainnya.

"Untuk pengunjung yang gemar berfoto selfie, kita akan siapkan sejumlah foto both, busana tradisional nuansa negeri tirai bambu, dan berbagai pertunjukan dan kuliner khas Palembang dan Cina. Selain itu juga akan ada Becak Cina atau rickshaw serta taburan lampion," sampainya.

Dengan adanya Youth Creative Featival 2018 ini,  Isnaini berharap, mata dunia bisa melirik Palembang untuk menyaksikan festival tahunan sepertu di Singkawang.

"Kedepan mata dunia akan melihat kampung Kapitan yang selama ini dianggap tidak begitu dikenal," harapnya.

Hari ini Pemkot Palembang membuka langsung pembukaan festival. Setelah ini diharapkan masyarakat diluar Palembang dapat lebih mengenal Kampung Kapitan.

"Selama ini kampung Kapitan ini tidak begitu viral, padahal tempat ini sangat bagus.Karena itu kita tunjukkan lagi keragaman ini dengan tidak saling bermusuhan tapi saling menghargai. Itulah mengapa Palembang zero konflik,” katanya.

Sementara itu, Walikota Palembang melalui Asisten III bidang Adminsitrasi Keuangan, Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang, Agus Kelana menyampaikan, sangat mendukung kegiatan yang diadakan Dinas Pariwisata dan pemuda kreatif Kota Palembang.

Karena, dengan adanya kegiatan ini, maka akan menambah lagi objek wisata Kota Palembang yang dikenal dunia. Tidak hanya jembatan Ampera dan Pulau Kemaro.

"Kita suport penuh kegiatan seperti hari ini. Karena, melalui kegiatan Youth Creative Festivak ini, akan berdampak pada ekonomi masyarakat Palembang," tandasnya.[rik]

Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00