Melalui RKB Kepahiang, PLN Bina UKM

Ekonomi  RABU, 28 FEBRUARI 2018 , 18:02:00 WIB | LAPORAN: SADAM MAULANA

Melalui RKB Kepahiang, PLN Bina UKM

Rumah Kreatif Kepahiang/RMOLSUMSEL/Sadam Maulana

RMOL. Rumah Kreatif BUMN Kepahiang merupakan salah satu diantara 15 RKB yang dibangun PT PLN (Persero). Secara geografis, RKB Kepahiang dikelola PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (WS2JB).

Deputi Manager Hukum dan Humas PT PLN WS2JB Rosmalina mengatakan, RKB merupakan rumah untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku UKM untuk menjadi UKM Indonesia yang berkualitas.

RKB juga mendampingi dan mendorong para pelaku UKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha UKM dalam hal peningkatan kompetensi, peningkatkan akses pemasaran, dan kemudahkan akses permodalan.

"RKB Kepahiang diresmikan serentak bersama RKB PLN seluruh Indonesia. Total ada 15 RKB milik PLN yang diresmikan secara langsung Menteri BUMN Republik Indonesia Rini Soemarno dan disaksikan Dirut PT PLN (Persero) Sofyan Basir 28 Januari 2017 di Denpasar, Bali," kata dia, Rabu (28/2).

Menurut Rosmalina, terdapat empat zona di setiap RKB, yakni Zona Registrasi dan Analisa Data UKM, Zona Konsultasi dan Quality Control, Zona Belajar dan Berbagi, dan Zona Digitalisasi dan e-Commerce.

"RKB Kepahiang membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada seluruh pelaku UKM di Kepahiang untuk bergabung dan belajar bersama. Seluruh UKM, baik kelas middle low maupun middle up dapat bergabung tanpa syarat dan ketentuan," jelasnya.

Nantinya, ungkap Rosma, seluruh UKM yang terdaftar akan diklasifikasikan menurut kelasnya dan mendapat pelatihan yang sesuai. RKB juga bekerja sama dengan portal belanja online.

Setiap UKM yang sudah mencapai kelas middle up dan mampu menguasai teknologi, dapat mendaftarkan UKM nya pada situs Blanja.com, sehingga produk UKM dapat lebih mudah, cepat, dan luas dipasarkan.

"Berlokasi di Jalan Kepahiang Curup, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu kini telah terdapat 127 UKM yang tergabung. Dari 127 UKM tersebut terdapat 13 UKM yang telah bergabung dengan Blanja.com. UKM yang bergabung sangat beragam, seperti kuliner, kerajinan tangan, fashion, dan lainnya," ungkapnya.

"Bagi yang memiliki UKM di Kabupaten Kepahiang, dapat bergabung segera dengan Rumah Kreatif BUMN Kepahiang, dan untuk Info mengenai RKB dapat diakses melalui website www.rkb.id," terangnya.[rik]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

KSAD Brasil Kunjungi  TNI Indonesia

KSAD Brasil Kunjungi TNI Indonesia

SABTU, 27 JULI 2019 , 11:57:00