Kedubes AS Segera Diresmikan, Sarekat: Penghinaan bagi Bangsa Palestina

Politik  SABTU, 24 FEBRUARI 2018 , 22:59:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Kedubes AS Segera Diresmikan, Sarekat: Penghinaan bagi Bangsa Palestina

Yerusalem Timur

RMOL. Mei 2018, Israel akan merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-70. Untuk memeriahkan perayaan HUT negara zionis itu, Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan meresmikan kedutaan besar (kedubesnya) di Yerusalem.

Bulan lalu Wapres AS Mike Pence mengatakan, Kedubes di Yerusalem bakal diresmikan tahun depan. Karena itulah banyak pihak terkejut dengan disegerakannya pembukaan tersebut. Bahkan. Pejabat tinggi Palestina Saeb Erekat terkejut dengan pengumuman Departemen Luar Negeri AS, yang mengatakan kedubes yang baru di Yerusalem akan diresmikan pada Mei 2018.

Peresmian kedutaan besar AS di kota itu bertepatan dengan ulang tahun ke-70 berdirinya negara Israel, demikian pernyataan tersebut. Pengumuman ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan kontroversial Presiden Trump pada akhir tahun lalu yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.


Pejabat tinggi Palestina Saeb Erekat terkejut dengan pengumuman Departemen Luar Negeri AS, yang mengatakan kedubes yang baru di Yerusalem akan diresmikan pada Mei 2018.

Pengumuman ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan kontroversial Presiden Trump pada akhir tahun lalu yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Pejabat senior Palestina, Saeb Erekat, menyebut langkah rencana peresmian kedubes AS di Yerusalem itu sebagai "provokasi terang-terangan". HUT negara Israel dikenang oleh orang-orang Palestina sebagai Nakba atau "malapetaka".


Sementara, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memuji pengumuman rencana pembukaan Kedutaan AS itu sebagai "hari besar bagi rakyat Israel". [ida]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00