Sambangi Kantor LHK, Pjs Walikota Minta Perda Kebersihan Ditegakkan

PEMKOT PALEMBANG  JUM'AT, 23 FEBRUARI 2018 , 17:33:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Sambangi Kantor LHK, Pjs Walikota Minta Perda Kebersihan Ditegakkan
RMOL. Tidak hanya membersihkan sampah, petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Palembang memiliki tanggung jawab lain, berupa membangun kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Hal itu disampaikan Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Palembang, H. Akhmad Najib saat bersilaturahmi dengan petugas kebersihan dan penyapu jalan di Dinas LHK Kota Palembang, Jumat (23/2/18).

"Sejak 2014 lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang yang dipimpin H. Harnojoyo saat itu, sangat berkomitmen dengan kebersihan, dan itu sangat positif. Hal itu tentu harus mendapat dukungan dari semua pihak," sampainya dihadapan ribuan petugas.

Lebih lanjut disampaikan Najib, dengan jumlah 1115 pasukan kebersihan yang dimiliki LHK, tentu tidak akan mampu melayani hampir 1,7 juta jiwa masyarakat Palembang.

"Bayangkan saja jika dalam satu hari 100 orang membuang sampah, tentu tidak akan sebanding dengan petugas kita. Hal ini harus diimbangi dengan ajakan untuk menjaga kebersihan dan penegakkan aturan," imbuhnya.

Najib berharap, Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2015 terkait pengelolaan sampah dapat dijadikan salah satu cara untuk mengatasi sampah.

Dimana, Dinas LHK dapat menegakkan aturan kerja untuk larangan membuang sampah, dengan melakukan penindakan. Sehingga ini akan terbangun sikap jika sampah itu menjadi tanggung jawab seluruh orang di Palembang.

"Jika hanya mengandalkan jumlah petugas dan peralatan, maka kita tidak akan mampu. Tegakkam perda, dan berikan sanksi bagi mereka yang membuang sampah sembarangan," ulasnya.

Dengan adanya penegakkan perda, maka seluruh warga Palembang da pendatang, kedepa akan memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjaga kebersihan.

Contoh negara-negara lain, dimana setiap orang bisa patuh dan taat terhadap aturan. Hal ini juga harus diterapkan di Palembang.

"Dinas LHK tidak dapat bekerja sendirian, harus dibantu dengan selosialisasi Perda ini. Setelah itu tegakkan Perda, terapkan sanksinya," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Najib berharap Dinas LHK dapat terlibat aktif dalam mensukseskan Asian Games dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palembang.

"Dengan melihat kondisi ini secara langsung, saya optimis seluruh pasukam kuning dan petugas termasuk pegawai dilingkungan dinas LHK dapat mensukseskan Pilkada dan Asian Games tahun 2018 ini," tandasnya.[rik]


Komentar Pembaca
#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 20:00:00

Airlangga Berpeluang Digarap KPK

Airlangga Berpeluang Digarap KPK

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 13:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00