KPK Datangi DPRD Sumsel, Ketua Fraksi dan Pimpinan Dewan Berkumpul di Ruang Banggar

Ragam  JUM'AT, 23 FEBRUARI 2018 , 14:30:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

KPK Datangi DPRD Sumsel, Ketua Fraksi dan Pimpinan Dewan Berkumpul di Ruang Banggar
RMOL. Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI mendatangi kantor DPRD Sumsel. Tiga orang perwakilan KPK RI bersama Ketua Fraksi dan Pimpinan Dewan menggelar pertemuan tertutup di ruang badan anggaran (Banggar) DPRD Sumsel, Jumat (23/2).

Ternyata acara yang berlangsung tertutup itu merupakan rapat koordinasi pencegahan korupsi terintegrasi yang menghadirkan Koordinator Wilayah 2 Korsupgah (Koordinator dan Supervisor Pencegahan) KPK RI Adlinsyah M Nasution bersama dua rekannya.

"Kita ajak temen-temen Dewan saling berpegangan tangan melakukan bentuk pengawasan, yang satu itu. Kedua, pendampingan masing-masing daerah inikan lebih kemasalah pencegahan, kita mencegah supaya jangan terjadi adanya korupsi," kata Adlinsyah M Nasution diwawancarai usai rapat tertutup.

Dia mengatakan, menggelar rapat pencegahan korupsi terintegrasi dengan dewan, karena dalam undang-undang dewan merupakan bagian dari eksekutif.

"Kita berkunjung ke eksekutif, juga berkunjung ke dewan. Untuk menyampaikan program-program apa yang telah disampaikan ke eksekutif, itu pointnya," katanya.

Pada intinya, kata Adlinsyah pihaknya menyampaikan program pendampingan dengan eksekutif untuk sama-sama diawasi oleh semua pihak termasuk DPRD.

"Saya juga perlu diawasi, KPK perlu diawasi juga," imbuhnya.

Dia menambahkan, ada tiga hal dalam pencegahan korupsi. Pertama yaitu komitmen, kedua membangun sistem  dan ketiga membangun sumber daya manusia.

"Tapi yang harus kita jaga adalah bagaimana menjaga komitmen. Nah komitmen ini kembali pada orangnya. Jadi intinya pencegahan ini bukan berarti bisa menghilangkan korupsi, kita menekan iya. Tapi satu hal yang harus dijaga yakni komitmen," pungkasnya.

Sementara itu, Plt Ketua DPRD Sumsel Uzer Effendi menyambut baik langkah KPK yang dinilai memberi pencerahan tentang pencegahan korupsi khususnya yang ada di lembaga DPRD Sumsel.

"Ini jadi warning kita, karena sudah banyak contoh. Dan kedatangan ini mempertajam kita untuk lebih hati-hati kedepan dalam melaksanakan tugas sebagai DPRD Provinsi Sumsel.

DPRD Sumsel lanjut Uzer berkomitmen untuk menghindari perbuatan korupsi. Dan jangan sampai tersandung kasus korupsi.[rik]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00