Cawako dan Cawawako Palembang 2018 Sampaikan Visi dan Misi

advertorial  SENIN, 19 FEBRUARI 2018 , 15:51:00 WIB | LAPORAN: SADAM MAULANA

Cawako dan Cawawako Palembang 2018 Sampaikan Visi dan Misi

RMOLSumsel

RMOL. Empat pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Palembang periode 2018-2023 menyampaikan visi, misi dan program kerja, pada Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang, Senin (19/2).

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Darmawan, dihadiri tiga unsur pimpinan lainnya, Wakil Ketua Muliadi, Muhammad Adiansyah dan Sri Wahyuni, serta Sekretaris DPRD Ali Amir.

Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Palembang Ahmad Najib juga turut hadir, bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Harobin Mustafa, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya di lingkungan Pemerintah kota (Pemkot) Palembang.
     
Dalam rapat paripurna, Ketua DPRD Palembang Darmawan berharap, melalui penyampaian visi, misi dan program kerja para peserta Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dapat menjadi acuan masyarakat menentukan pemilihan.

Para kontestan sendiri diberikan kesempatan berdasarkan nomor urut Pilkada 2018 dengan durasi penyampaian 20 menit. Kesempatan pertama diberikan kepada paslon Nomor urut 1, Harnojoyo-Fitrianti Agustinda.

Mengusung tagline Palembang Emas Darussalam 2023, Harnojoyo menyampaikan delapan potensi dan peluang kota Palembang. Antara lain ialah posisi kota Palembang yang strategis, pusat pertumbuhan ekonomi dan pusat perdagangan dan jasa.

Palembang juga dianggap sebagai kawasan strategis pariwisata nasional, infrastruktur kota yang baik, pusat penyelenggaraan event olahraga nasional dan internasional, kondisi aman dan kondusif serta lingkungan kota yang bersih dan sehat.

Untuk mewujudkan "Palembang Emas Darussalam", Harnojoyo mengungkapkan lima program misi yang akan dikerjakan. Di antaranya ialah mewujudkan pembangunan infrastruktur perkotaan yang terpadu, merata berkeadilan berbasis teknologi dan informasi.

Mewujudkan masyarakat religius, berbudaya, beretika, melalui pembangunan budaya integritas yang didukung pemerintahan yang bersih, berwibawa dan profesional. Serta menjamin rasa aman untuk berinvestasi.

Sementara Paslon Nomor urut 2, Sarimuda Sarnubi-Abdul Rozak mengusung visi dan misi "Palembang Gemilang Darussalam". Gemilang, dalam hal ini ialah Palembang sebagai kota perdagangan, pariwisata, jasa dan industri terdepan dengan pelayanan publik berkualitas.

Hal ini juga akan tetap memperhatikan pemberdayaan masyarakat, kearifan lokal dan pelestarian lingkungan. Disisi lain, Darussalam adalah kota dengan masyarakat yang maju, sejahtera dan damai, yang berlandaskan pada nilai-nilai religius dan berbudaya.

Dari tagline Palembang Gemilang Darussalam, ada beberapa poin yang menjadi program unggulan. Pertama ialah pembangunan sistem penanganan dan pengendalian banjir.

Kedua fasilitas publik yang prima dan berkualitas. Tidak kalah penting adalah upaya dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang religius dan berbudaya hingga dapat mengembangkan ekonomi kerakyatan.

Sedangkan Paslon Nomor urut 3, Muhammad Akbar Alfaro-Hernoe Roesprijadji menawarkan visi, misi dan program yang dikemas dalam 5 G (Good Governance, Good Public Service, Good Living Hood, Good Income dan Good City).

Good Governance ialah gerakan tata kelola pemerintahan yang baik. Good Public Service berfungsi sebagai gerakan pembenahan pelayanan publik yang lebih profesional.

Untuk Good Living Hood merupakan gerakan pembenahan lingkungan tempat tinggal warga yang layak huni. Sementara Good Income sebagai gerakan dalam upaya peningkatan ekonomi warga berbasis UMKM. Terakhir Good City yang merupakan gerakan peningkatan infrastruktur kota berbasis teknologi.

Paslon terakhir yang menyampaikan visi, misi dan program ialah Mularis Djahri-Syaidina Ali (MUSI). Dengan tagline "Menuju Palembang Baru", paslon nomor urut 4 menginginkan Palembang sebagai kota cerdas dengan masyarakat sejahtera.

Dari tagline ini, MUSI ingin menunjukkan suatu proses perencanaan dan tahapan kerja membangun manusia kota Palembang menjadi warga berdaya. Pemerintahan juga dapat mengendalikan birokrasi yang efektif melalui open goverment berbasis teknologi informasi komunikasi.

Membangun lingkungan secara berkelanjutan dengan perencanaan yang memperhatikan daya dukung lingkungan hingga menjaga stabilitas dan keterjangkauan harga bahan pokok. Dengan didukung akses perkotaan berkualitas dengan optimalisasi pembangunan infrastruktur.

Dari visi, misi dan program yang disampaikan, Ketua DPRD Palembang Darmawan menganggap semuanya memiliki poin-poin yang sangat baik untuk pembangunan lima tahun kedepan. Kini tinggal masyarakat yang menentukan siapa yang akan dipilih sebagai pemimpin di periode mendatang. [Adv]

Komentar Pembaca
Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00