Syukurlah! Kawanan Pencuri Sawit Ini Dibekuk

Laporan : Edwinsyah Satria

Kriminal  SABTU, 17 FEBRUARI 2018 , 12:29:00 WIB

Syukurlah! Kawanan Pencuri Sawit Ini Dibekuk

RMOLSumsel

RMOL. Dengan tubuh kekarnya, kawanan pencuri sawit yang beranggotakan 9 orang dengan mudah menggasak ratusan tandan milik petani di Desa Karang Agung Kecamatan Lubai Ulu Kabupaten Muara Enim. Dari hasil aksinya tersebut para pelaku berhasil meraup hingga jutaan rupiah.

Beruntung kawanan ini berhasil dibekuk Polsek Rambang Lubai berhasil semuanya setelah pemilik kebun H Virgo langsung melaporkan saat melakukan pencurian. Selain itu warga desa juga kini tidak resah lagi dengan keberadaan pelaku.

Kesembilan pelaku tersebut adalah Davit Astra, Almi, Pisi, Darwis, Rudiyanto, Alham, Wawansyah, Doni, dan Pajar Irawan.

Informasi yang dihimpun, penangkapan berawal pada Rabu 14 Februari sekitar pukul 14.00 WIB, Kanit reskrim mendapat laporan dari korban H Virgo HB bahwa di areal perkebunan sawit plasma miliknya yang berada di Afldiling BB Desa Karang Agung sedang terjadi pencurian buah sawit.

Selanjutnya Unit Reskrim berangkat menuju tempat yang dimaksud , tepat pukul 16.00 WIB anggota sampai di TKP yaitu blok 236 dan blok 237 Afdiling BB Desa Karang Agung dan melihat sembilan orang laki laki yang sedang mengambil buah sawit dari batang.

Kesembilan orang tersebut dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan. Di dalam tas tersangka Davit Astra ditemukan senjata tajam jenis pisau dan juga di pinggang tersangka Almi ditemukan senjata tajam jenis pisau.

Selain itu di TKP ditemukan satu unit mobil carry pick up BG 9242 Y dan empat unit sepeda motor, 182 tandan buah sawit, dua buah dodos sawit dan tiga buah egrek sawit.

Kapolres Muara Enim, AKBP Leo Andi Gunawan SIP mengatakan para tersangka hingga saat ini berada di Polsek Rambang Lubai untuk dilakukan pemerikaaan.

"Kesembilannya dalam pemeriksaan mengakui melakukan pencurian buah sawit," tukasnya, Sabtu (17/2).

Barang bukti yany ditemukan juga sedang diamankan untuk kelengkapan berkas pemeriksaan. Kesembilan tersangka memenuhi unsur pencurian dengan pemberatan sebagaimana diatur dalam pasal 363 KUHP.
"Kepada masyarakat juga jangan segan untuk melaporkan ke kepolisian, karena setiap laporan akan segera direspon sehingga tercipta keamanan," pungkasnya. [rhd]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00