Lestarikan Tradisi APJI Gelar Pesta Ngidang di Rumah Limas

Budaya  KAMIS, 15 FEBRUARI 2018 , 07:24:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Lestarikan Tradisi APJI Gelar Pesta Ngidang di Rumah Limas

RMOLSUMSEL

RMOL. Tidak ingin kebudayaan Palembang hilang tergerus zaman, DPC Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) Palembang menggelar makan hidang bersama tokoh masyarakat Sumateta Selatan (Sumsel) dan pengurus APJI.

Ketua DPC APJI Palembang,‎ Sulaiha ‎menerangkan, dalam rangka menyambut Asian Games 2018, APJI Palembang terus aktif melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian kuliner khas Palembang.

Dimana hari ini, Rabu (14/2/18), salah satu kebudayaan Palembang, berupa hidang diadakan di rumah Limas, Jalan Demang Lebar Daun.

"Untuk melestarikan tradisi Palembang, kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kuliner khas Palembang terus diadakan. Jika beberapa bulan yang lau kita mengenalkan makanam khas Palembang, hari ini kita menggelar hidang makanan khas Palembang," jelasnya.

Sulaiha menerangkan, pada kegiatan ini, bukan makanan modern yang dihidangkan secara berkelompok. Dimana, makanan yang disiapkan adalah makanan khas Palembang seperti, nasi minyak, daging malbi, ayam kecap, dan beberapa makanan lainnya.

Duduk berkelompok dengan menikmati sejumlah makanan, membuat mereka memiliki waktu untuk saling bercerita dan mengenal satu sama lain.

"Kalo kata orang Palembang ngidang. Karena, saat ini tradisi ngidang sudah lama tidak terlihat, dan tergantikan prasmanan, dan makan sendiri-sendiri," ucapnya.

Ide untuk membudayakan kebudayaan yang hampir punah ini tercetus, saat mereka menyadari jika khusus makan secara hidangan ini sudah hampir punah. Padahal menurutnya, kebudayaan seperti ini merupakan hal yang penting untuk dilestarikan.

Untuk itulah, APJI kota Palembang memiliki beban tersendiri untuk melestarikan budaya ini. APJI semakin bersemangat, karena kegiatan ini sangat didukung oleh Pemerintah Kota (Pemkot) maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov).

"Acara kita ini adalah acara terusan yang sudah dimulai Desember lalu di OPI Mall. Jika kemarin kita makan-makanan ringan khas Palembang, sekarnag ini digelar hidangan, budaya lama yang hampir punah," jelasnya.

Sulaiha menerangkan, makan secara hidang ini merupakan hidangan yang disiapkan secara gotong royong. Orang-orang yang mempersiapkan inipun cukup banyak. Mulai dari menyiapkan taplak meja untuk tempat lauk pauk, serta menyiapkan makanan-makanan yang disusun secara rapi.

"Bahu membahu jadi. Kalau cara makan sih sebenarnya tidak jauh beda ya. Tapi biasanya, sambil ngobrol kita ambil ayam, terus ngobrol lagi ambil daging. Jadi lama bisa ngobrolnya, terjalin silaturahmi ini," tegasnya.

Pada kegiatan tersebut, nampak hadir mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumsel, Giri Ramandha Kiemas, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumsel, Irene Camelyn Sinaga, dan beberapa perwakilan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. [sri]

Komentar Pembaca
Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 21:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00