Hebat! IPAL RSUD Rabain ME Mampu Tampung 360 Kamar

Laporan : Edwinsyah Satria

Sosial  RABU, 14 FEBRUARI 2018 , 19:08:00 WIB

Hebat! IPAL RSUD Rabain ME Mampu Tampung 360 Kamar

RMOLSumsel

RMOL. Instalasi pengolah air limbah (IPAL) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr HM Rabain Kabupaten Muata Enim mulai beroperasional untuk mengolah limbah dilingkungan rumah sakit. Hal itu setelah diresmikannya oleh Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar, Rabu (14/2).

Dalam peresmian ini, Bupati juga didampingi oleh Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim,  Rustam SH MH sebagai Tim Pengawal Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D).

Menurut Bupati Muara Enim, H Muzakir Sai Sohar,  pembangunan IPAL ini merupakan salah satu keberhasilan Pemkab Muara Enim dalam upaya meningkatkan fasilitas RSUD Rabain sebagai rumah sakit regional yang telah berhasil naik ke kelas B.

Karena itu, diharapkan dapat mendukung upaya meningkatkan pelestarian lingkungan serta program rumah sakit sesuai visi Muara Enim Sehat, Mandiri, Agamis, dan Sejahtera (SMAS).

Dengan dibangunnya IPAL ini dapat memecahkan masalah khususnya pengolahan limbah air, baik limbah domestik maupun medis sehingga dapat meminimalisir dampak lingkungan,"'kata Muzakir

Berhasilnya pembangunan IPAL tersebut juga berkat kerjasama Pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan TP4D Kejaksanaan Negeri Muara Enim. Dijelaskannya, Instalasi IPAL berkapasitas 180 M3 perhari dibangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017 dalam proses pengadaan sampai selesai didampingi TP4D kejaksaan Negeri Muara Enim.

"Melalui kerjasama ini saya ucapkan terima kasih kepada Kejari Muara Enim yang telah melakukan pendampingan, berkat kerjasama ini pembangunan IPAL tak menemui kendala sampai selesai,"ucapnya

Sementara itu, Direktur RSUD dr HM Rabain, dr Suwandi menambahkan pembanguan IPAL merupakan bagian upaya peningkatan faslilitas setelah keberhasilan RSUD dr HM Rabain naik kelas tipe B.

"Kita berbangga karena Rumah sakit kita satu-satunya rumah sakit regional diwilayah Sumatera Selatan, tentunya dengan prestasi ini perlu peningkatan berbagai fasilitas termasuk IPAL yang sangat dibutuhkan untuk pengelolaan limbah rumah sakit,"jelas Suwandi.

Suwandi juga mnyampaikan apresiasi terhadap dukungan TP4D Kejari Muara Enim yang berhasl mengawal pembangunan proyek IPAL dengan baik.

"Sebelumnya cukup banyak halangan dan rintangan kami membengun proyek ini, berkat kerjasama alhamdulilah semua berjalan baik," pungkasnya. [rhd]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00