Diultimatum, Presiden Afrika Selatan Pilih Mundur dari Jabatan

Politik  RABU, 14 FEBRUARI 2018 , 17:17:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Diultimatum, Presiden Afrika Selatan Pilih Mundur dari Jabatan

presiden Afsel Jacob Zuma/net

RMOL. Di tengah ultimatum mengundurkan diri atau dipecat secara tidak hormat terhadap  Presiden Afrika Selatan (Afsel) Jacob Zuma, muncul tayangan video yang menyebutkan politisi bernama lengkap Jacob Gedleyihlekisa Zuma ini bersedia mundur.

Ultimatum itu diberikan oleh Partai Kongres Nasional (ANC) Afsel yang dulu mendukung Zuma. Ketua Partai ANC Cyril Ramaphosa dikabarkan telah membujuk Zuma agar mau turun dari jabatan secara sukarela.

Selama ini dikabarkan media lokal, presiden yang berusia 75 tahun itu bersikeras tetap menjalankan mandat. Ia tidak mau mengundurkan diri dari kursi presiden. Berarti lebih dari setahun lagi dia akan terus berkuasa. Sebab masa jabatan kedua kepresidenannya  baru berakhir pertengahan 2019.

"Presiden telah sepakat secara prinsip untuk mundur," kata Sekretaris Jenderal ANC Ace Magashule seperti diberitakan Kantor Berita AFP, Rabu (14/2, namun belum ada penjelasan lebih lancut mengenai kabar tersebut.

Sebetulnya masa pemerintahan Zuma sudah bermasalah sejak ia naik tahta 9 tahun lalu. Sejak awal dilantik sembilan tahun lalu, Zuma telah dibelit sejumlah skandal. Mulai dari tuduhan pemerkosaan seorang rekan keluarga yang menyandang HIV positif, hingga skandal pembelian alutsista, suap, penyalahgunaan kekuasan, pemerasan dan pencucian uang. Semua dibantahnya.

Keberutungan  terus berpihak padanya, karena sejak dilantik pada 2009 Zuma berhasil lolos dari delapan mosi tidak percaya. [ida]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00