Pilkada 2018 Tegal Binangun Milik Siapa? KPU Rencanakan Ini....

Politik  RABU, 14 FEBRUARI 2018 , 15:54:00 WIB | LAPORAN: SADAM MAULANA

Pilkada 2018 Tegal Binangun Milik Siapa? KPU Rencanakan Ini....

Ketua KPU Kota Palembang Syarifuddin

RMOL. Tegal Binangun menjadi wilayah yang belum memiliki kejelasan di Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018.

Meski secara kewilayahan menjadi milik Kabupaten Banyuasin, identitas masyarakat Tegal Binangun tercatat sebagai warga Kota Palembang.

Status tersebut menjadikan Tegal Binangun sebagai wilayah rawan konflik. Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga mengakui kemungkinan itu.  karena identitas wilayah dan warga Tegal Binangun yang berbeda.

"Sampai sekarang Tegal Binangun itu memang belum jelas. Apakah masyarakat di sana hak pilihnya untuk Pilkada Banyuasin atau Palembang. Karena secara kebetulan keduanya melaksanakan Pilkada," jelas Ketua KPU Palembang Syarifuddin, Rabu (14/2).

Rencananya, kata Syarifuddin, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan KPU Banyuasin. Dalam rapat internal antara KPU Palembang dan Banyuasin akan membahas hak masyarakat Tegal Binangun dalam menentukan pilihan.

Menurut Syarifuddin, masyarakat Tegal Binangun bisa menggunakan hak pilih mereka dengan memilih Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Palembang Periode 2018-2023.

Namun, dengan catatan, pemilihan dilakukan di luar wilayah Tegal Binangun. Tempat Pemungutan Suara (TPS) bakal disediakan di wilayah Kota Palembang.

"Untuk itu kita akan lakukan MoU perdamaian supaya tidak memicu konflik. Kalau haknya ke Palembang, TPS akan diletakkan di luar wilayah Banyuasin. Tetapi ini baru rencana, butuh persetujuan kedua bela pihak," jelasnya. [ida]

Komentar Pembaca
Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00