Inilah Makna Nomor Urut Bagi Paslon Gubernur Sumsel

Politik  SELASA, 13 FEBRUARI 2018 , 17:42:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Inilah Makna Nomor Urut Bagi Paslon Gubernur Sumsel

Pasangan Calon Gubernur/RMOL

RMOL. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel melakukan pengundian nomor urut pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel 2018 di Hotel Novotel, Palembang, Selasa (13/2).

Hasilnya, pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya mendapat nomor 1, pasangan Aswari Rivai-Irwansyah nomor 2, dan pasangan Ishak Mekki-Yudha Pratomo nomor 3 serta pasangan Dodi Reza-Giri Ramandha nomor 4.

Masing-masing pasangan calon gubernur memaknai nomor yang didapatnya.

Misalnya pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya yang mengartikan nomor 1 sesuai nomor yang diharapkannya. Nomor 1 juga sesuai dengan jargon yang pakainya yaitu 'Bersatu Sumsel Maju'.

Herman Deru juga mengatakan nomor 1 sama dengan nomor yang didapatnya pada pilkada 2013 lalu. Dia mengatakan nomor 1 merupakan nomor yang mudah diingat.

"Nomor 1 sesuai harapan kami, karena tageline kami Bersatu Sumsel maju," kata Deru, usai pengundian nomor urut.

Selanjutnya pasangan yang diusung Partai Nasdem, PAN dan Hanura ini akan mensosialisasikan nomor 1 kepada masyarakat Sumsel sekaligus mensosialisasikan programnya.


"Selanjutnya mensosialisasikan program unggulan, HD-MY punya tekad membuat pembangunan merata di Sumsel, tidak terfokus di suatu daerah," katanya.

Sementara itu pasangan nomor urut 2, Aswari Rivai-Irwansyah mengatakan nomor 2 merupakan angka keberuntungan. Baginya nomor 2 adalah nomor kemudahan. Yang berarti pasangan ini gampang ditemui gampang disentuh oleh masyarakat Sumsel.

Aswari mengatakan, setelah mendapat nomor urut, pihaknya akan gencar mensosialisasikan kepada masyarakat.

"Nomor 2 ini artinya kemudahan, kami ini pasangan kandidat yang santai dalam tanda kutip. Muda ditemui, mudah disentuh masyarakat," katanya.

Lainnya halnya dengan pasangan Ishak-Yudha yang mendapat nomor 3. Ishak Mekki mengartikan nomor 3 sama dengan sila 3 dalam pancasila yang berbunyi persatuan Indonesia.

"Insya Allah kami akan menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat Sumsel yang beragam etnis, suku, agama. Semua akan kita ayomi, kita satukan untuk membangun Sumatera Selatan," kata Ishak.

Sementara itu, bagi pasangan Dodi Reza Alex-Giri Ramandha nomor 4 yang didapatnya mengingatkan pasangan yang diusung PDIP, Golkar, PKB ini pada pilgub Sumsel 2013. Dimana pada 2013 lalu, kata Dodi paslon pemenang memegang nomor 4.

"Angka 4 insya Allah angka yang berkah bagi kami berdua. Ini seperti sejarah mengulang pilkada 2013 pada waktu itu pemenangnya nomor 4. Insya Allah ini juga sejarah akan terulang, tapi yang jelas persoalan nomor inikan hanya nomor urut penempatan di surat suara, yang jelas yang kami tawarkan adalah program yang insya Allah terealisasi jika kami jadi gubernur," kata Dodi. [yip]

Komentar Pembaca
Mendagri Bikin TNI Cemburu

Mendagri Bikin TNI Cemburu

SENIN, 29 JANUARI 2018 , 13:00:00

Melawan Hoax Dan Ujaran Kebencian

Melawan Hoax Dan Ujaran Kebencian

JUM'AT, 26 JANUARI 2018 , 21:00:00

Jokowi Harus Terbitkan Perppu LGBT

Jokowi Harus Terbitkan Perppu LGBT

JUM'AT, 26 JANUARI 2018 , 19:00:00

Ishak Mekki Tinggalkan Rumah Dinas

Ishak Mekki Tinggalkan Rumah Dinas

RABU, 14 FEBRUARI 2018 , 09:45:00

Hengkang dari PDIP, Irwansyah ke PKS

Hengkang dari PDIP, Irwansyah ke PKS

RABU, 10 JANUARI 2018 , 12:31:00

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

RABU, 10 JANUARI 2018 , 19:02:00