Menhub Pastikan Subsidi LRT Palembang

Ekonomi  SENIN, 12 FEBRUARI 2018 , 13:10:00 WIB

Menhub Pastikan Subsidi LRT Palembang

Menhub Budi Karya Sumadi/RMOLSUMSEL

RMOL.Tarif LRT Palembang hanya Rp 5 ribu saja. Murahnya tarif ini diharapkan mampu menarik minat masyarakat Palembang untuk memanfaatkan LRT usai Asian Games 2018.

"Tarifnya lima ribu harusnya sepuluh ribu kalau tidak subsidi, ini kan proses, sosialisasi, kita mulai dengan lima ribu," ujar Menhub Budi Karya Sumadi  usai Dialog Nasional 6 Sukses Indonesiaku di Palembang Sport and Convention center (PSCC), Senin (12/2), kepada wartawan.

Setelah masa uji coba diakui dia,  ada kemungkinan tarif dinaikkan namun tetap akan ada subsidi. Besaran dan waktu kenaikan tarif belum bisa dia pastikan.

"Nanti dibahas kenaikan tarif,  akan kita bandingkan juga dengan moda transportasi yang lain, kalau subsidi itu biasanya terus untuk transportasi massal, di Jakarta juga masih subsidi sampai sekarang," jelasnya.

Walau belum bisa memastikan waktu pasti kenaikan tarif, namun ia memastikan LRT bisa digunakan untuk umum Juni 2018.

"Jadi bulan depan kita uji coba, lalu bulan Juni trial untuk umum, memang jelang Asian Games bisa digunakan, bisa untuk umum," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI Zulfikri mengatakan, tarif LRT mendapatkan subsidi dari pemerintah. Sehingga tidak akan memberatkan penggunanya.

Menurut Zulfikri, sebagai kereta ringan pertama di Indonesia. Pemerintah berencana menerapkan tarif sebesar Rp 5 ribu bagi LRT Palembang. Namun, tarif tersebut masih dapat berubah, karena masih dalam kajian.

"Besaran tarif LRT masih dikaji, yang pasti tidak akan memberatkan," ujarnya.

Dia menambahkan, LRT di Palembang ini merupakan proyek perintis sehingga nantinya akan mendapatkan subsidi sebesar Rp 129 miliar selama enam bulan beroperasi.

"Kami belum tahu sampai kapan subsidi ini akan diberikan, tapi untuk enam bulan pertama itu Rp 129 miliar," katanya.[intan sriwidari]

Komentar Pembaca
Pidato Game Of Thrones Isyarat Main Dua Kaki

Pidato Game Of Thrones Isyarat Main Dua Kaki

SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 21:00:00

Andi Arief Mencambuk Prabowo

Andi Arief Mencambuk Prabowo

SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 15:00:00

Golkar: PKS Pakai Segala Cara

Golkar: PKS Pakai Segala Cara

SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 13:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00