Tidak Hanya Buat Tugunya, Harnojoyo Kembalikan Lagi Habitat Ikan Belido

PEMKOT PALEMBANG  MINGGU, 11 FEBRUARI 2018 , 18:59:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Tidak Hanya Buat Tugunya, Harnojoyo Kembalikan Lagi Habitat Ikan Belido
RMOL. Selain meresmikan tugu Belido, Walikota Palembang Harnojoyo bersama PT Bukit Asam (PTBA) dan Forum CSR (Corporate Social Responbility) juga menjaga habitat ikan Belido di Sungai Musi, melalui penyebaran ribuan benih ikan yang sudah langkah tersebut.

Walikota melakukan langsung penyebaran benih ke Sungai Musi, disamping tugu Belido di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) yang saat ini menjadi ikon baru Kota Palembang, Minggiu (11/2/18).

Kepada RMOL Sumsel, Harnojoyo menyampaikan, saat ini keberadaan ikan Belido di sungai Musi sudah mulai punah. selain penyebaran benih, gotong royong menjadi salah satu upaya dirinya dalam menjaga habitat ikan khas Sungai Musi.

"Selain gerakan moral, gotong royong ini kami lakukan agar sungai di Palembang berfungsi lagi seperti dulu. Jika sungainya bersih, tidak ada lagi limbahnya, maka ikan Belido yang menjadi habitat asli Sungai Musi, kembali lagi seperti dulu," terangnya.

Keberadaan tugu Belido di pelataran BKB, tidak hanya sebagai ikon. Tapi sebagai penanda jika sungai Musi selama ini diiai oleh ikan Belido yang telah memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Dulu banyak yang memanfaatkan ikan Belido. Tidak hanya untuk makan sehari-hari tapi juga untuk pembuatan pempek yang dapat dijual. Kedepan kami ingin ikan Belido kembali banyak di Sungai Musi," ulasnya. [yip]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00