Jadi Viral, Penjual Jamu Ini Bikin Pria Patah Hati

Ragam  SABTU, 10 FEBRUARI 2018 , 18:05:00 WIB

Jadi Viral, Penjual Jamu Ini Bikin Pria Patah Hati
RMOL. Nama Pratiwi Safarina mendadak tenar. Wajah cantiknya penjual jamu gendong ini menjadi viral di media sosial (medsos). Namun banyak juga pria kecewa, karena dia tak lama lagi akan menikah.

Pratiwi menjual jamu di Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gadis cantik asal Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri ini langsung tenar beigu akun dagelan_jowo di Instagram yang mengunggah foto bocah 16 tahun yang akrab disapa dengan panggilan Tiwi itu.

Meriango koyo ngopo yen bakule koyo ngene yo langsung sehat (meriang seperti apa pun kalau penjual (jamunya) seperti ini ya langsung sehat, red),” tulis dagelan_jowo menyertai foto Tiwi yang berjongkok memegang botol jamu.

Foto itu disukai lebih dari 21 ribu warganet. Selain itu, sudah hampir 300 netizen mengomentari foto yang diunggah Jumat (9/2) tersebut.

"Tiap hari mau dah d jamuin hahahaa," tulis akun aly_asshaumy di kolom komentar. "Jamumu marakne kangmas semangat le golek dwit, dek... (jamumi bikin abang semangat mencari uang, dek)," ujar ferdi_wm.

Ada juga netizen yang penasaran. "Tinggal di mana tuh tukang jamu biar gw samperin," ujar akun aldnspx.

Berdasar penelusuran Jawa Pos Radar Solo, Pratiwi adalah Tamatan SMP N 3 Bulukerto. Dia menggeluti usaha jamu gendong sejak enam bulan lalu.

"Lulus SMP 2016, saya ikut orang tua merantau di Bogor. Jualan jamu baru enam bulan ini sejak Agustus," kata Tiwi melalui pesan di Whatsapp seperti diberitakan JPNN, Sabtu (10/2).

Anak kedua pasangan Marimin dan Narni itu menuturkan, darah penjual jamu mengalir dari ibunya. Dia membuat sendiri jamu-jamu jualannya.

Gadis kelahiran Mei 2001 itu juga menjual jamu tradisional kemasan.  "Kalau keliling berangkat jam dua siang, pulang jam setengah enam. Kadang kalau lagi ramai jam setengah tujuh baru sampai indekos,” jelasnya.

Selama enam bulan menekuni usaha jamu gendong di perantauan, Tiwi sudah mengalami banyak suka dan duka. Di antaranya kesasar saat naik angkutan kota, hingga digoda oleh para lelaki yang iseng.

"Ya digoda-goda itu yang harus membuat saya kuat. Awalnya memang takut, sudah mau putus asa. Tapi itu kan godaan orang usaha, akhirnya saya tahan," ungkapnya.

Tiwi mengaku sudah tidak akan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Dia memilih fokus usaha berjualan jamu gendong untuk masa depannya nanti.

"Tidak sekolah lagi, lha badannya sudah bongsor. Lagian saya akan menikah bulan Juni ini," katanya. [ida]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00