Diguncang Gempa, Lantai 6 Apartemen Kini Jadi Lantai 1

Ragam  KAMIS, 08 FEBRUARI 2018 , 23:44:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Diguncang Gempa, Lantai 6 Apartemen Kini Jadi Lantai 1

Apartemen Yun Tsui/net

RMOL. Gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter tadi malam, Selasa (7/2), mengguncang pantai timur Taiwan. Banyak apartemen di Kota Haulien ambruk atau mengalami kerusakan, sehingga para penghuninya terpaksa mengungsi.

Salah satu pengungsi adalah pria sepuh bernama Chen Chien (66). Ia kini mengunsi de sekolah dasar di kotanya. Sebab apartemen Yun Tsui yang berlantai 12 yang ditempatinya selama ini kini berdiri dengan kemiringan 50 derajad.

Sebelum gempa, ia tinggal di lantai 6 apartemen itu. Guncangan gempa membuat bagian bawah apartemen ambruk, lantai enam anjlok dan sekarang menjadi lantai dasar.

"Posisi lantai enam sebenarnya cukup tinggi. Namun ketika saya keluar dari jendela untuk menyelamatkan diri, lantai saya tepat berada di atas tanah," kata Chen seperti dikutip dari Kantor Berita BBC, Rabu (8/2).

"Ketika gempa terjadi TV saya terbang ... semua peralatan di apartemen beterbangan," ungkapnya.

Ia heran bagaimana gedung yang ia tempati bisa rusak parah. "Sulit dipercaya bangunan besar seperti ini rusak parah ... mungkin struktur penyangga bangunan rusak. Kalau tidak, bagaimana mungkin keadaannya seperti ini sekarang?" kata Chen. [ida]

Penghuni apartemen lainnya, Chang Te-ching yang berusia 70 tahun, curiga bagian bawah apartemen yang dipakai sebagai hotel dan restoran tidak punya struktur penyangga yang kuat untuk menopang lantai-lantai di atasnya.

Enam dari sembilan korban tewas berada di apartemen ini. Gempa juga menyebabkan lebih dari 200 orang mengalami luka-luka.

Seorang anggota tim Palang Merah mengatakan lantai satu hingga lantai tiga apartemen Yun Tsui ambruk. Jumlah orang yang hilang sudah berkurang dari sekitar 60 menjadi 10.

Badan penanggulangan bencana nasional mengatakan tidak diketahui secara pasti orang-orang yang terperangkap di bawah reruntuhan di kota Hualien.

Sepanjang Rabu tim-tim SAR harus menyelamatkan diri setelah terjadi gempa susulan, salah satunya dengan magnitudo 5,7 yang dirasakan di Ibukota Taipei.  [ida]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00