Dandim: Manfaat Berlatih Drumband Tentramkan Jiwa

Sosial  KAMIS, 08 FEBRUARI 2018 , 14:59:00 WIB

Dandim:  Manfaat Berlatih Drumband Tentramkan Jiwa

RMOLSUMSEL

RMOL. Sebanyak 79 tim drumband dan marching band dari kalangan pelajar di Sumatera Selatan (Sumsel) menunjukan aksinya pada kejuaraan Drumband dan Marching Band Palembang Open 2018 untuk merebutkan Piala bergilir Komandan Kodim 0418/Palembang dan Piala Ketua Umum PDBI (Persatuan Drum Band Indonesia) Kota Palembang, Kamis (8/2).

Kegiatan yang berlangsung di lapangan Kamboja, Palembang diikuti ribuan pelajar mulai dari taman kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Masing-masing tim drumband dan marching band secara bergiliran menunjukkan aksinya di lapangan hijau yang dinilai langsung dewan juri.

Salah satunya, penampilan drumband dari TK  Nurul Hidayah yang berhasil menyedot perhatian penonton. Meski belum mahir dalam memainkan alat musik drumband, anak-anak TK ini tampak antusias mengikuti instrukturnya dalam memainkan alat musiknya.

Dewan Pembina PDBI Kota Palembang yang juga Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Romas Herlandes, mengatakan, lomba drumband dan Marching Band se-Sumsel yang diselenggarakan oleh PDBI Kota Palembang yang diketuai oleh Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda bertujuan untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan bela negara bagi generasi muda khususnya dikalangan pelajar tingkat TK, SD, SLTP dan SLTA/Sederajat selaras dengan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila.

Menurutnya, dalam marching band yang meliputi berbagai macam alat musik, bila ditilik dari citra sejarah serta filosofinya dapat menjadi bagian pembinaan generasi muda bangsa Indonesia. Secara naratif bahwa mayoritas Drum Band berbicara tentang hal-hal positif, serta pengaruh sugestif bagi pembudayaan karakter maupun sikap mental generasi muda yang lebih berbudaya dan cerdas, serta secara psikologis berefek menentramkan jiwa, dapat dipastikan telah sebanding dengan ketekunan dan kedisiplinannya dalam berlatih.

"Di samping adanya motivasi dalam pribadi yang luar biasa kuat untuk maju, berkembang dan berprestasi, yang kesemua outcomenya telah memenuhi drumband sebagai olahraga pendidikan, rekreasi, dan prestasi yang mengacu kepada Permendiknas No. 39 Tahun 2008,” terang Dandim.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan, setiap anak adalah unik. Mereka kata Dandim memiliki kecerdasan masing-masing, sejak lahir memiliki bekal kreatifitas dan kemandirian yang sungguh luar biasa. Akan tetapi banyak orang tua ataupun pendidik yang kurang memperhatikan dan memotivasi mereka.

"Orangtua harus mengapresiasi apapun dan bagaimanapun karya anak dengan memberikan fasilitas serta motivasi untuk mengembangkan kreatifitas mereka. Dengan acara ini bisa turut memberikan ruang bagi anak-anak khususnya di Kota Palembang dan Sumsel pada umumnya dalam mengembangkan kreatifitas dan kemandirian anak,” harapnya.

Perwira Melati dua ini menerangkan, kegitan ini digelar selama tiga hari dan mempertandingkan materi kejuaraan Drum Band dan Marching Band kelas Display, Perkusi Kontes, Military Style dan Marching Band, The Best Mojorette, The Best Field Commander, The Best Uniform, The Best Favoritr dan Parade dengan Tim Juri dari Kalimantan Timur  dan Jakarta serta ada juga dari Palembang.[sri/Suhardi]


 

Komentar Pembaca
Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 21:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00