Ada Aktor Lain yang Lebih Kuat di Korupsi KTP-el

Hukum  RABU, 07 FEBRUARI 2018 , 16:41:00 WIB

Ada Aktor Lain yang Lebih Kuat di Korupsi KTP-el

Net

RMOL. Korupsi negeri ini sudah menjadi rahasia umum, sudah tak asing lagi bahkan sampai melibatkan orang besar.

Dugaan keterlibatan petinggi negara dalam korupsi proyek KTP-el sebagaimana terungkap di persidangan mantan Ketua DPR RI Setya Novanto menjadi perhatian publik.  

Hal itu seolah menandakan jika proyek KTP-el disusun secara sistematis dan sangat terencana di era pemerintahan sebelumnya.

"SBY telah mengklarifikasi pernyataan dari Mirwan Amir dan Setya Novanto yang akhirnya membuat publik penasaran ingin mencari tahu kebenaran, siapa saja sebenarnya yang terlibat dalam kasus mega korupsi e-KTP apakah SBY atau kesaksian dari Mirwan Amir dan Setya Novanto," ujar Direktur Eksekutif Bimata Politica Indonesia (BPI) Panji Nugraha kepada wartawan, Rabu (7/2).
 
Untuk itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diharapkan dapat mengungkap pihak-pihak lain yang terlibat dalam kasus tersebut tanpa tebang pilih.

Menurut Panji, kasus KTP-el sangat menjadi perhatian publik. Pasalnya bukan hanya saja karena kerugian negara mencapai Rp 2,3 triliun melainkan juga melibatkan ketua umum Partai Golkar Setya Novanto. Penyebutan dugaan keterlibatan Presiden RI ke-VI yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bamban Yudhoyono (SBY) menambah membuat geger publik.

"Pekerjaan rumah KPK sangat besar dan publik sangat berharap besar pula terhadap peran sentral KPK dalam pemberantasan korupsi. Apalagi kasus tersebut merupakan kasus yang melibatkan para pejabat publik dengan jumlah kerugian negara sangat besar, Jika menilai kasus e-KTP tersebut mengingatkan kasus mega korupsi Hambalang ketika Nazarudin mengungkap satu persatu para pejabat yang terlibat apakah kali ini motif yang sama akan digunakan oleh Novanto yang mengajukan diri menjadi justice collaborator untuk mengungkap para koruptor yang terlibat kasus e-KTP," demikian Panji seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL.[rik] 


Komentar Pembaca
Mendagri Bikin TNI Cemburu

Mendagri Bikin TNI Cemburu

SENIN, 29 JANUARI 2018 , 13:00:00

Melawan Hoax Dan Ujaran Kebencian

Melawan Hoax Dan Ujaran Kebencian

JUM'AT, 26 JANUARI 2018 , 21:00:00

Jokowi Harus Terbitkan Perppu LGBT

Jokowi Harus Terbitkan Perppu LGBT

JUM'AT, 26 JANUARI 2018 , 19:00:00

Ishak Mekki Tinggalkan Rumah Dinas

Ishak Mekki Tinggalkan Rumah Dinas

RABU, 14 FEBRUARI 2018 , 09:45:00

Hengkang dari PDIP, Irwansyah ke PKS

Hengkang dari PDIP, Irwansyah ke PKS

RABU, 10 JANUARI 2018 , 12:31:00

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

RABU, 10 JANUARI 2018 , 19:02:00