Parah, Banyuasin Pernah Stunting Tertinggi di Sumsel

Laporan: Bubun Kurniadi

#hashtag  SELASA, 06 FEBRUARI 2018 , 22:35:00 WIB

Parah, Banyuasin Pernah Stunting Tertinggi di Sumsel

Net

RMOL. Pencegahan stunting yang tinggi, harus dilaksanakan secara nyata oleh multi sektoral. Baik pemerintah dan intansi terkait lainnya.

Hal itu dikatakan Samsul Rizal Anggota DPRD Kabupaten Banyuasin, Selasa (6/2) dalam hearing ke Kantor DPRD Kabupaten Banyuasin, yang diikuti sekitar 20 orang terdiri dari perwakilan Tim Koordinasi dan Tim Tehnis RAD-PG Kabupaten Banyuasin, Perwakilan IMA World Health dan Lembaga mitra WCC Palembang, serta intansi terkait lainnya.

"Untuk diketahui Stunting merupakan permasalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai janin masih dalam kandungan dan baru nampak saat anak berusia dua tahun," kata Samsul Rizal.

"Data sample, catatan di daerah daratan dan perairan dinas terkait kita lihat stanting masih tinggi. Secara Nasional stanting sudah sesuai standar nasional, tapi jangan sampai lagi stanting di Banyuasin tertinggi dari kabupaten/kota lain di Sumsel. Karna itu pengambilan datanya juga harus akurat," kata Samsul Rizal kepada RMOLSumsel.

Oleh Karna itu, Langkah pihak DPRD Banyuasin dalam mengatasi stunting. Dari pihak OPD terkait dan Bappeda mereka menyampaikan draf untuk rancangan aturan tentu pihak kami akan mengakomodir semuanya.

"Kalau mereka mengusulkan jadi peraturan daerah alangkah bagusnya, karna itu juga merujuk pada RPJMB Bupati yang akan datang dan memang sudah ada aturan undang undangnya," jelasnya

Selain itu, Samsul juga megungkapkan, kegiatan pihak terkait saat ini mereka sudah jalan. Permasalahan stunting ini juga berkaitan dengan pola hidup masyarakat.

Seperti jamban (WC), yang juga berpengaruh pada kesehatan, saat ini dari data yang ada hanya 77 desa yang bebas jamban. Sedangkan yang lainnya masih membutuhkan.

"Pihak Dinas kesehatan menyampaikan Kabupaten Banyuasin mendapatkan bantuan dari provinsi sebanyak 100 Jamban untuk tiga kecamatan. Kalau untuk ukuran daerah kita tidak signifikan dalam pembagiannya, Jadi kita harus tau standarnya pembuatan Jamban di satu desanya," ucapnya.[rik]

Komentar Pembaca
Rumah DP 0 Rupiah Resmi Diluncurkan

Rumah DP 0 Rupiah Resmi Diluncurkan

JUM'AT, 12 OKTOBER 2018 , 17:00:00

#KataRakyat: Ratna Pantas Dihukum

#KataRakyat: Ratna Pantas Dihukum

JUM'AT, 12 OKTOBER 2018 , 13:00:00

BBM Batal Naik Terasa Janggal

BBM Batal Naik Terasa Janggal

KAMIS, 11 OKTOBER 2018 , 19:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00