Ke Museum, Siswa SMAN 10 Bangga dengan Dr AK Gani

Budaya  SABTU, 03 FEBRUARI 2018 , 22:42:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Ke Museum, Siswa SMAN 10 Bangga dengan Dr AK Gani

Pelajar SMAN 10 Palembang/RMOLSumsel-ida

RMOL. Hari ini, Sabtu (2/3), siswa Kelas XI SMAN 10 Palembang berkunjung ke Museum Pahlawan Nasional Dr AK Gani di Jalan Mochtar Prabumangkunegara Kecamatan Sako Palembang.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan pelajar yang dipimpin guru sejarah Munirah ini diterima langsung oleh Kepala Museum Pahlawan Nasional Dr AK Gani GN Priyanti Gani.

Terlihat para pelajar sangat antusias memperhatikan penjelasan yang disampaikan Priyanti. Mereka dengan seksama mendengarkan dan sangat aktif bertanya tentang berbagai hal mengenai kiprah almarhum Dr AK Gani.

Pada sesi interaktif tersebut,  para siswa menyatakan kekaguman dan kebanggaan mereka bahwa Sumatera Selatan (Sumsel) mempunyai sosok pahlawan nasional ke-2 setelah Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, yaitu Dr AK Gani.

Mereka karena di usia yang relatif muda, Dr AK Gani sebagai sosok dokter menjadi Gubernur Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) pertama.  Sebagai gubernur, AK Gani membangun antara lain Pabrik Pupuk PT Pusri, Pabrik Ban, Rumah Sakit Umum Palembang, Universitas Sriwijaya.

Kepahlawanan Dr AK Gani menjadi lengkap karena sang istri, Masturah, juga merupakan sosok pahlawan. Ia merupakan pejuang wanita yang berjuang bersama nama-nama besar lainnya antara lain Ibu Sud, pencipta lagu;  Rahmi Hatta, istri Bung Hatta; Fatmawati, istri Bung Karno.

Dengan polos para siswa ini mengaku, sebelum berkunjung ke Museum mereka hanya tahu Dr AK Gani sebagai nama rumah sakit.

"Berkat berkunjung ke museum ini, kami jadi lebih mengenal pahlawan nasional yang berasa dari Sumatera Selatan ini," kata seorang siswi.

Menanggapi ini, Priyanti mengatakan pihaknya mengapresiasi semangat para pelajar untuk menggali sejarah dengan datang langsung ke museum.

"Anak-anak ini adalah remaja Zaman Now yang kelak menjadi para pemimpin Indonesia. Kendati hidup di era teknologi informasi, mereka tetap menghargai sejarah, menghormati para pahlawan dan cinta museum," kata Priyanti. [ida]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00