Pemkot Sediakan Rp13 Miliar Untuk Program Bedah Rumah

Untuk 1.000 Rumah

PEMKOT PALEMBANG  RABU, 31 JANUARI 2018 , 20:41:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Pemkot Sediakan Rp13 Miliar Untuk Program Bedah Rumah
RMOL. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, menganggarkan sekitar Rp13 miliar untuk program bedah rumah yang dilaksanakan. Dimana, program bedah rumah diperuntukkan bagi 600 rumah tidak layak huni di Kota Palembang.

Kepada RMOL Sumsel, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda menyampaikan, program bedah rumah, merupakan bagian dari program bantuan untuk warga tidak mampu di Kota Palembang.

Dimana, persyaratan pengajuan bedah rumah sendiri, masyarakat cukup melampirkan surat kepemilikan tanah milik pribadi yang diketahui aparat desa setempat yang dilengkapi dengan KTP dan KK.

"Program ini sudah kita lakukan sejak tahun 2014. sejak 2014 dan sudah ada sekitr 4000 an rumah yang telah dibedah," jelasnya usai peresmian bedah rumah milik warga di Gang Malaya, Kelurahan Tuan Kentang, Rabu (31/1/18).

Lebih lanjut dijelaskan Fitri, program bedah rumah yang dilaksanakan Pemkot Palembang, melalui dua program, yakni dari Baznas dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Kota Palembang.

"Untuk program khusus PU l-PR ada dua sumber dana yakni Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp13 miliar dan Nasional (APBN) Rp5 miliar, dengan total rumah yang dibangun 1.000 rumah," ulasnya.

Sementara itu, Ketua Baznaz Saim Marhadan menambahkan, pada 2017 lalu ada lima rumah yang dibedah dan pada 2018 dan dtargetkan, lebih dari lima rumah lagi yang akan dibedah.

"Sumber dana kita itu dari zakat baik ASN maupun masyarakat umum. Dan syaratnya pun sama seperti program Dina PU PR," ungkapnya.

Terpisah, penerima bantuan bedah rumah asal Gang Malaya Kelurahan Tuan Kentang Heriyanto mengaku, sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemkot Palembang. Sebab sebelumnya ia tidak mempunyai dana untuk memperbaiki rumahnya.

Bahkan, kemarin ia sempat disuruh tidak lagi tinggal di sana oleh aparat desa setempat karena kondisi rumah yang memprihatinkan dan bisa roboh sewaktu-waktu.

"Terima kasih atas bantuan ini. Saya berjanji akan merawat rumah ini,” tandasnya sembari mencucurkan air mata. [yip]


Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00