Banyak Lembaga Bank Belum Terhubung GPN

Bank Sumsel Tinggal Rubah Sistem

Laporan: Raden Moh Solehin

Ekonomi  KAMIS, 18 JANUARI 2018 , 11:56:00 WIB

Bank Sumsel Tinggal Rubah Sistem

Net

RMOL. Meski telah dilakukan launching oleh Bank Indonesia pada akhir tahun 2016, Gerbang Pembayaran Nasional belum secara penuh dipakai oleh perbankan termasuk bank daerah.

Deputi Direktur Pusat Program Transformasi Bank Indonesia, A. Donanto H. Wibowo, menyampaikan, masih terdapat 10 lembaga bank yang belum terhubung dengan sistem gerbang pembayaran nasional atau GPN dari sekitar 70 bank yang melayani transaksi menggunakan kartu.

"GPN yang telah diluncurkan 4 Desember 2017 akan diikuti seluruh perbankan di Indonesia. Kami menargetkan switching penerbit terhubung ke satu jaringan yaitu per 31 Desember 2017. Sedangkan koneksi ke minimal kedua jaringan yaitu per 30 Juni 2018," sampainya.

Donanto mengatakan, seharusnya kehadiran GPN akan memberi dampak besar terhadap semua pihak baik pelaku industri keuangan maupun nasabah atau masyarakat.

Artinya, lembaga perbankan harusnya mendukung program yang dicanangkan. Jadi kalau yang sekarang sudah baik, mestinya dengan terkoneksi ke GPN makin baik.

Karena kehadiran GPN akan memberi dampak besar terhadap semua pihak baik pelaku industri keuangan maupun nasabah atau masyarakat.

"Sesuai peraturan bank sentral, perbankan diberi waktu paling lambat 30 Juni 2018 untuk pihak yang terhubung (perbankan) terkoneksi pada minimal dua lembaga switching," imbuhnya.

Sementara itu, Divisi Sekretaris Perusahaan dan Hukum Bank Sumsel Babel Faisol Sinin menegaskan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan hal tersebut. Dimana, pihaknya tinggal merubah kartu, sistem, connecting, switching.

"Kami sangat mendukung apa yang menjadi program bank sentral. Apalagi hal itu untuk kemduahan lembaga perbankan dalam melayani nasabahnya," tuturnya.

Faisal mengatakan, selama ini sudah jalan antara Prima dan ATM Bersama digabung dan semuanya memudahkan nasabah. Artinya GPN menjadi program yang sama untuk memudahkan nasabah Bank Sumsel Babel dalam bertransaksi. Biaya murah, trans masyarakat bisa terbangun, bisa lebih handal.

"Mudah-mudahan biayanya (perubahan sistem) kali ini tidak besar, sebab kalau besar kami repot lagi mengeluarkan biaya," tandasnya. [rik]



Komentar Pembaca
Rumah DP 0 Rupiah Resmi Diluncurkan

Rumah DP 0 Rupiah Resmi Diluncurkan

JUM'AT, 12 OKTOBER 2018 , 17:00:00

#KataRakyat: Ratna Pantas Dihukum

#KataRakyat: Ratna Pantas Dihukum

JUM'AT, 12 OKTOBER 2018 , 13:00:00

BBM Batal Naik Terasa Janggal

BBM Batal Naik Terasa Janggal

KAMIS, 11 OKTOBER 2018 , 19:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00