Minta Pemerataan Pembangunan, Warga Lalan Usul Pemekaran Wilayah

Politik  MINGGU, 14 JANUARI 2018 , 16:39:00 WIB

Minta Pemerataan Pembangunan, Warga Lalan Usul Pemekaran Wilayah
RMOL. Jirak Jaya telah menjadi kecamatan baru hasil pemekaran Kecamatan Sungai Keruh. Kini masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengusulkan pemekaran Kecamatan Lalan.

Tokoh masyarakat yang tinggal di Desa Karang Tirta Jamian mengatakan, usulan serta pemekaran Kecamatan Lalan dilandasi beberapa faktor. Di antaranya Kecamatan Lalan luas, hampir semua desanya masuk daerah perairan.

"Kami menginginkan pemekaran wilayah agar ada pemerantaan pembangunan. Akses infrastruktur daerah  yang dikelilingi perairan, menyebabkan biasya tinggi untuk berurusan ke kantor kecamatan," kata Jamian, Sekertaris Aliansi Pemekaran Wilayah Baru kepada RMOLSumsel.Com, Minggu (14/1).

Jamian menyebut, Kecamatan Lalan sudah selayaknya dimekarkan jika melihat letak geografis. Kecamatan Lalan memiliki luas 261 km2 dengan jumlah penduduknya mencapai 40 ribu terdiri dari 27 desa.

Lebih lanjut, Jamian mengungkapkan usulan pemekaran itu sebelumnya sudah pernah disampaikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Namun pada saat itu pemkab dalam kondisi tidak kondusif, jadi ditunda

"Ini kembali kami usulkan. Karena beberapa waktu lalu telah kami sampaikan usulan ini ke Bupati Dodi Reza  dan Wakil Bupati Beni Hernedi. Alhmdullilah ada respon positif. Pak Beni memberi saran apabila nanti pemekaran wilayah Lalan bagian timur ini disetujui,  jangan meninggalkan desa lama yang memiki banyak sejarah yakni Desa Karang Agung.

"Beberapa waktu lalu, pak Dodi meninjau lokasi persiapan pembangunan  rumah sakit pratama  tipe D untuk rawat inap di tingkat kecamatan. Selain itu di sini juga berdiri pol kepolisian sektor, mendukukung kami mengusulkan Kecamatan Lalan Timur. Selain itu juga untuk perkantoran warga juga sudah ada yang menghibahkan tanahnya seluas 7 hektar," ucapnya.

Untuk Desa yang masuk dalam usulan pemekeran wilayah Kecamatan Lalan Timur, Jamian menyebutkan 13 desa yakni Desa Karang Tirta, Purwa Agung, Ringin Agung, Tri  Mulya Agung, Karya Mukti, Mulya Agung,  Marga Mulya,  Rumpung Raya,  Karang Makmur Karang Rejo, Karang Mukti, Karang Sari, Mekar Jaya.

"Kami di sini berharap usualan segera disetujui. di Lalan SDM banyak, sebab banyak sarjana yang masih mengangur. Mereka ini dapat diberdayakan untuk bekerja di kantor kecamatan nantinya," kata Jamian. [hafiz af/ida]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00