RSUD Besemah Lulus Akreditasi Bintang Empat

Sosial  KAMIS, 11 JANUARI 2018 , 18:05:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

RSUD Besemah Lulus Akreditasi Bintang Empat

RSUD Besemah/NET

RMOL. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besemah Kota Pagaralam lulus akreditasi bintang empat atau tingkat utama.‎ Penilaian sebagai rumah sakit yang terakreditasi ini dilakukan tim independen Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Direktur RSUD Besemah, dr Dian Netta mengatakan, ‎pihaknya telah mendapat laporan bahwa RSUD Besemah telah terakreditasi dengan predikat bintang empat. Hal ini setelah dilakukannya perbaikan diberbagai bidang terutama mengenai pelayananan maksimal.

"RSUD Besemah lulus akreditasi bersamaan dengan puluhan rumah sakit di sejumlah kabupaten/kota di Sumsel. Namun hanya beberapa rumah sakit mendapat nilai tingkat utama, termasuk RSUD Besemah,"ungkapnya Kepada RMOLSumsel, Kamis (11/1).

Dijelaskannya, pihaknya menargetkan mampu meraih tingkat paripurna atau bintang lima. Namun, kedepan diharapkan target yang ada bisa tercapai. Pasalnya untuk capaian ini tidak terlepas dari pembenahan sejumlah kelompok kerja pelayanan rumah sakit yang dilakukan, dan sudah dilakukan survei dan penilaian tahun lalu.

Ketua KARS Besemah Kota Pagaralam, dr Ferdinan SPKK mengatakan, ada beberapa item atau kelompok kerja yang dinilai oleh komisi akreditasi ini. Dimana, ada limabelas item, hasilnya 14 item nilai persentase kelulusan diatas 80 persen, dan satu item dengan nilai 71 persen.

"Untuk 15 item pokja tersebut sasaran keselamatan pasien (SKP) dengan nilai 83 persen, hak pasien dan keluarga (HPK) 84 persen, pendidikan pasien dan keluarga (PPK) 84 persen, peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP) 84 persen, melinium goal (MDGs) 87 persen, akses pelayanan dan kontinuitas pelayanan (APK) 88 persen," jelasnya.

Nilai item lainnya rata-rata diatas 80 persen namun untuk manajemen fasilitas kesehatan (MFK) nilainya 71 persen.

"Ini akreditiasi perdana yang kita raih. Kedepan, dengan status rumah sakit kelas D tetap akan dilakukan akreditasi selanjutnya untuk naik kelas C," ujar dr Ferdinan.

Menanggapi hal ini, Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati menuturkan, pihaknya akan terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang baik masyarakat Kota Pagaralam.

"Memang pembenahan di RSUD Besemah akan dilakukan bertahap. Dengan begitu, lama kelamaan rumah sakit yang kita banggakan ini akan menjadi rumah sakit terbaik bagi masyarakat," katanya[sri]



Komentar Pembaca
Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 21:00:00

Koalisi Jokowi Mulai Pecah

Koalisi Jokowi Mulai Pecah

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 20:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00