Transmart Dianggap Langgar Perda

Hukum  JUM'AT, 05 JANUARI 2018 , 18:39:00 WIB | LAPORAN: SADAM MAULANA

Transmart Dianggap Langgar Perda

Transmart Palembang/Net

RMOL. Bangunan Transmart di atas lahan seluas 2,2 hektar di Jalan Radial dianggap melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Palembang Nomor 11 tahun 2012 Tentang Pengendalian dan Penimbunan Rawa.

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ade Victoria mengatakan, sesuai Perda tersebut, lahan lebih dari satu hektar wajib menyediakan sisa lahan 30 persen.

Tapi kenyataannya, di bangunan Transmart tidak ada yang tersisa. Di lahan tersebut berdiri berbagai bangunan, mulai dari gedung Transmart, Ruko, Hotel dan lainnya.

"Amanah Perda 11 Tahun 2012 tidak dijalankan. Padahal jelas dalam Perda itu kalau lahan luasnya diatas 1 hektar harus menyediakan 30 persen," kata dia, Jum'at (5/1).

Sebelumnya, DPRD Palembang telah melakukan sidak ke Transmart kemarin. Dari hasil sidak gabungan Komisi II dan III ini ditemukan beberapa kejanggalan dalam pembangunan bangunan yang diketahui milik pengusaha besar di Indonesia.

Ketua Komisi II DPRD Palembang Candra Darmawan mengatakan, pihaknya melakukan sidak lapangan sesuai fungsi Dewan yakni fungsi pengawasan.

Dia menjelaskannya, sebelum dikeluarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) terdapat beberapa catatan dari Dishub terkait andal lalin, tapi nyatanya hingga saat ini, catatan itu belum dilaksanakan.

"Nanti akan kita panggil semua pihak terkait, baik dari Transmart maupun OPD Palembang. Kami akan pelajari dulu data yang ada dan akan kita buktikan amdal lalin-nya apakah ada di Jalan Provinsi atau Kota Palembang," kata dia.[rik] 

Komentar Pembaca
Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00