Yes.. Muba Bakal Miliki PLTMG

MUBA  KAMIS, 28 DESEMBER 2017 , 19:17:00 WIB | LAPORAN: HAFIZ AL - FANGKY

Yes.. Muba Bakal Miliki PLTMG

Ground Breaking PLTMG 20 MW dan Jaringan Listrik Off Grid 80 Km/RMOLSUMSEL

RMOL. Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkapasitas 20 Megawatt (MW) resmi dimulai. Dimulainya pembangunan PLTMG 20 MW pertama di Sumsel ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin.

"Kita sangat mengapresiasi pembangunan PLTMG 20 MW ini. 2018 Muba harus terang benderang, jangan ada lagi daerah kita krisis listrik," ujar Dodi dalam acara Ground Breaking Pembangunan PLTMG 20 MW dan Pembangunan Jaringan Listrik Off Grid 80 Km, di Desa Margo Mulyo Kecamatan Tungkal Jaya, Kamis (28/12)

Orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini menuturkan, bahwa harus diakui saat ini Kabupaten Muba masih kekurangab listrik. Padahal, Sumber Daya Alam, berupa gas melimpah ruah, namun belum dapat dirasakan dengan maksimal oleh masyarakat.

"Kita lakukan subsidi setiap tahun untuk PLTMD yang dikelola PT MEP dan itu biayanya dangat mahal dan tidak ramah lingkungan dengan kapasitas terbatas. Ini tentunya tidak boleh dibiarkan.

Kita punya gas harusnya sejak dulu dikelola," kata dia.

Oleh karena itu, pembangunan PLTMG 20 MW ini dinilai dapat meningkatkan kehandalan dan mengurangi defisit listrik di Muba. "Walaupun ini untuk Lalan namun hanya perlu 16 MW, sisanya kita minta didistribusikan ke daerah-daerah lain, agar listrik di Muba menjadi handal. Jika ini berjalan, Zero subsidi akan diberlakukan untuk PT MEP, tidak ada lagi subsidi," tegas dia.

Lebih lanjut Dodi mengatakan, pembangunan PLTMG 20 MW banyak memberikan keuntungan, selain dapat mengatasi krisis listrik, dapat berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat. "Kalau bisa pembangunan bisa dipercepat, agar masyarakat tidak terlalu lama menunggu. Dengan adanya PLTMG 20 MW ini, Muba patut diperhitungkan sebagai penyumbang listrik terbesar di Sumsel. Saya tunggu realisasinya (PLTMG 20 MW)," jelas dia.

Sementara, Direktur Operasional PT Petro Muba, Bimo Prakoso, mengatakan, pembangunan PLTMG 20 MW bediri ditas lahan seluas 5.000 meter persegi dengan empat mesin yang digunakan.

Dimana PLTMG 20 MW merupakan pembangkit listrik clean energy yang pasokan gas nya diberikab oleh PT Pertagas Niaga (JOB Pertamina Jambi Merang) sebesar 4 MMSCFD. Selain itu pula akan dibangun off grid atau Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) sepanjang 80 Km.

"Paling lama pengerjaan pembangunan yakni 1 tahun. Kita juga akan menggunakan materan digital, dimana konsumen akan membeli listrik dengan token," tandas dia.

Sekedar informasi, pembangunan PLTMG 20 MW merupakan inisiasi PT Perto Muba (BUMD). Dimana pembangunan dan pengelolaan dilakukan oleh konsorsium PT Matriks Mas Rekatama dan PT Mitra Energi Persada Tbk yang nantinya bekerjasana dengan PT Muba Elektrik Power (MEP).[rik]    



Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00