Gotong Royong Dasar Membangun Mental Masyarakat

advertorial  RABU, 20 DESEMBER 2017 , 13:26:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Gotong Royong Dasar Membangun Mental Masyarakat

rmolsumsel

RMOL. Gotong Royong menjadi dasar Negara Indonesia. Hal itulah yang tetrus ditanamkan Walikota Palembang, Harnojoyo bersama Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda di dalam diri seluruh lapisan masyarakat di Kota Palembang.

Bahkan, pasangan pemimpin Kota Palembang ini terus membangun komitmen dan rela meluangkan waktu liburnya, hanya untuk memimpin langsung kegiatan yang berkaitan dengan gotong royong.

Setiap Minggu pagi, Harnojoyo aktif dalam kegiatan gotong royong, yang diadakan di 107 kelurahan secara serentak di Kota Palembang. Gerakan moral [KIRI]1514356399.jpg[/KIRI] yang dilakukan orang nomor satu di Kota Palembang ini, semata-mata ingin agar masyarakat dapat kembali membangkitkan gotong royong yang menjadi budaya Palembang.

Meski mendapat banyak cibiran negatif dari aksi yang dilakukannya dengam terjun langsung ke sungai ataupun anak sungai yamg kotor. Banyak juga yang mensuport dari aksinya bersama seluruh jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan masyarakat tersebut.

Tidak hanya aktif dalam gotong royong yang rutin dilaksanakan setiap Minggu pagi. Memakmurkan masjid melalui gerakan Sholat Subuh berjamaah juga terus aktif dilakukan.

Dari mulai dilakukan satu bulan sekali, terus satu Minggu sekali, sekarang safari Subuh yang kini menjadi salah satu program pembentukan mental masyarakat ini aktif dilakukan setiap hari.[KANAN]1514356428.jpg[/KANAN]

Terlihat ringan dan hanya membuang waktu, tetapi banyak yang tidak mengetahui jika program gotong royong dan safari subuh berjamaah yang rutin dilaksanakan Harnojoyo justru dianggap beberapa pihak, akan memberikan dampak besar terhadap Kota Palembang.

Hal itu pernah disampaikan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan saat melakukan datang ke Kota Palembang, dalam rangka kunjungan kerja serta study sebagai pemateri terkait lingkungan di Universitas Sriwijaya (Unsri) beberapa bulan lalu.

"Kota Palembang akan menjadi kota terbersih di dunia, jika gerakan moral yang dilakukan Walikota Palembang, terus dilakukan," ungkapnya.

Donovan yang merupakan ahli di bidang lingkungan ini juga ingin belajar banyak dari gerakan moral gotong royong yang dilaksanakan Walikota Palembang memberikan banyak dampak positif bagi masyarakatnya tersebut.

Karena, kegiatan ini cukup efektif untuk mengubah perilaku masyarakat peduli lingkungan.

"Sebagai ahli dibidang lingkungan, saya lihat banyak keuntungan yang didapatkan Palembang, selain penghematan anggaran, ini dapat mengubah perilaku masyarakat kita yang semakin tergerus dengan kemajuan teknologi. Karena kita ketahui, gotong royong adalah budaya masyarakat Indoneaia," tuturnya.

Menyikapi apa yang pernah disampaikan Dubes Amerika Serikat tersebut, Harnojoyo tidak ingin larut dalam rasa bangga atas pujian yang diberikan. Bahkan, ia ingin belajar lebih banyak dari negara-negara maju seperti Amerika, sehingga dapat di aplikasikan dalam mewujudkan Palembang yang elok dan bertaraf internasional.

"Sesuai visi misi Palembang EMAS 2018, kita ingin Palembang menjadi kota tujuan. Untuk mewujudkan semua itu, perlu ada pembenahan dari berbagai sektor, termasuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pembenahan moral agar kita tidak menjadi masyarakat yang berkualitas serta memiliki rasa tanggung jawab," tuturnya.

[KIRI]1514356477.jpg[/KIRI] Lebih lanjut disampaikan Harnojoyo, apa yang dilakukan pihaknya melalui program gotong royong aktif dilaksanakan setiap Minggu pagi dam safari Subuh yang dilaksanakan setiap hari adalah langkah awal untuk mewujudkan visi misi Palembang Elok Madani Aman dan Sejahtera (EMAS) 2018.

"Kita ingin kedepan, semakin maju kota nya, semakin maju masyarakatnya serta menjadi masyarakat yang cerdas dan bertanggung jawab," ulasnya.

Harnojoyo juga berharap, kedepan semua lapisan masyarakat dapat ikut aktif dalam kegiatan rutin gotong royong yang dilaksanakan setiap Minggu pagi. Karena, melalui gotong royong, tidak hanya memberikan manfaat kebersihan bagi lingkungannya masing-masing, tetapi akan kegiatan ini akan memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat itu sendiri.

Gotong royong ini akan merubah prilaku masyarakat, sehingga akan menjadikan masyarakat yang lebih bertanggung jawab. Selain itu, pemerintah dapat menghemat anggaran kebersihan, dan mengalokasikannya ke hal yang lebih penting, khususnya pendidikan.

"Selama tiga tahun melaksanakan gotong royong, setidaknya ada ratusan anak sungai yang sudah kita bersihkan bersama masyarakat, sehingga dapat menghemat anggaran lebih kurang Rp24 miliar," terangnya.

Sementara, hikmah yang didapat dari program safari subuh, silaturahmi antar masyarakat jadi lebih erat. Bahkan, selama safari, dirinya dapat menyerap lngsung aspirasi masyarakat secara langsung.

"Selama safari Subuh, puluhan laporan diterima dan lebih dari 10 orang mendapat bantuan pengobatan. Dan ini adalah langkah awal kita, dan berharap kedepan hal ini dapat diikuti pihak lain," tuturnya.
[KANAN]1514356496.jpg[/KANAN]
Jika Harnojoyo aktif dalam kegiatan Gotong Royong dan Safari Subuh berjamaah, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda aktif melaksanakan kegiatan ekonomi kerakyatan, melalui suport terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Mengajak masyarakat untuk gotong royong membangkitkan jiwa enterpreneur di setiap lapisan masyarakat terus aktif dilakukan. Bahkan, untuk mensuport hal itu, dirinya melalui Pemkot Palembang dan beberapa pengusaha yang sudah lebih dulu sukses, memberikan kredit usaha tanpa agunan dan bunga.

"Setiap pedagang bisa mengajukan pinjaman, hanya saja harus ada kriteria khusus yang dapat menerimanya. Para pedagang dapat mengajukan permohonannya ke kecamatannya masing-masing," ungkapnya.

Melalui program kredit usaja tanpa agunan dam bunga ini, dapat membantu kesulitan modal bagi masyarakat yang ingin berjualan.

"Jadi mekanisme kredit ini bergulir. Mereka dipinjamkan modal, dan setelah sukses maka harus mengembalikan untuk mengembankan yang lain. Jadi sistem kita gotong royong," sampainya.

Untuk secara teknisnya, Pemkot Palembang bekerjasama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Palembang dalam memberikan pinjaman, dimana ini diperuntukan kepada usaha yang memang sudah berjalan. Setiap UMKM akan diberikan sekitar Rp 3 juta.

Dalam pemberian bantuan dana bergulir kepada masyarakat dibantu pihak camat dan lurah untuk cek kelapangan. Dimana, bantuan pinjaman dana ini pure tanpa bunga, limit kreditnya selama satu tahun.

"Jadi dalam satu tahun itu dengan mencicil bantuan ini sudah di kembalikan kemudian bisa kembali mengajukan pinjaman. Ada kemungkinan di tahun berikutnya pinjaman ini bisa dinaikan hingga Rp 5 juta bahkan Rp 10 juta," tandasnya. [adv]



Komentar Pembaca
Mendagri Bikin TNI Cemburu

Mendagri Bikin TNI Cemburu

SENIN, 29 JANUARI 2018 , 13:00:00

Melawan Hoax Dan Ujaran Kebencian

Melawan Hoax Dan Ujaran Kebencian

JUM'AT, 26 JANUARI 2018 , 21:00:00

Jokowi Harus Terbitkan Perppu LGBT

Jokowi Harus Terbitkan Perppu LGBT

JUM'AT, 26 JANUARI 2018 , 19:00:00

Ishak Mekki Tinggalkan Rumah Dinas

Ishak Mekki Tinggalkan Rumah Dinas

RABU, 14 FEBRUARI 2018 , 09:45:00

Hengkang dari PDIP, Irwansyah ke PKS

Hengkang dari PDIP, Irwansyah ke PKS

RABU, 10 JANUARI 2018 , 12:31:00

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

RABU, 10 JANUARI 2018 , 19:02:00