Kembalikan Lalan Jadi Lumbung Jagung Nasional

KABUPATEN MUSI BANYU ASIN  SELASA, 21 NOVEMBER 2017 , 22:27:00 WIB

Kembalikan Lalan Jadi Lumbung Jagung Nasional

Bupati Muba Dodi Reza Panen Jagung/RMOLSUMSEL

RMOL. Secara bertahap Kecamatan Lalan terus berkembang pesat, tidak hanya percepatan pembangunan infrastruktur jalan dan listrik yang digenjot Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin sejak enam bulan belakangan tetapi khusus di Kecamatan Lalan diam-diam Bupati Muba juga menargetkan akan mengembalikan kejayaan Lalan menjadi lumbung Jagung nasional.

Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, terhitung sejak tahun 2017 ini Kecamatan Lalan mampu memproduksi 8 ton jagung per-hektar dan Pemkab Muba akan terus berkomitmen membantu petani jagung khususnya di Kecamatan Lalan.

"Luas lahan tanam Jagung di Lalan yakni 5.709 hektar, produktifitasnya harus dimaksimalkan dan target 2018 mendatang di Kecamatan Lalan ini harus kembali menjadi lumbung jagung nasional," ujar Dodi di sela Kunjungan Kerja Bupati Musi Banyuasin ke Kecamatan Lalan Dalam Rangka Panen Raya Jagung di Desa Mulya Jaya Kecamatan Lalan, Selasa (21/11).

Menurut Dodi, sudah selayaknya dengan produktifitas yang ada saat ini Kecamatan Lalan menjadi lumbung Jagung Nasional. "Pemkab Muba akan terus mencari solusi yang terbaik untuk peningkatan pertanian di Muba dengan berkoordinasi dengan Pemerintah pusat," ungkapnya.

Dikatakan, belum lama ini dirinya mendapatkan penghargaan dari Perdana Menteri Inggris dalam upaya melakukan terobosan pembangunan PLTG Terapung untuk masyarakat Lalan yang didukung secara penuh oleh PM Inggris. "Nah, ke depan tidak hanya listrik saja yang mendapat bantuan dan perhatian dari kalangan internasional, saya juga akan berusaha melakukan lobi untuk bantuan di bidang pertanian untuk masyarakat Muba," ulasnya.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Ir A Thamrin menyebutkan tahun 2017 ini realisasi tanam jagung di Kecamatan Muba sudah mencapai 60 persen dengan harga perkilogram mencapai Rp3.200.

"Tahun 2018 mendatang target kami akan 100 persen realisasi tanam jagung di Muba khususnya di Kecamatan Lalan, produktifitas sudah sangat baik tapi akan terus ditingkatkan lagi dengan kualitaa yang semakin baik," jelasnya.

Sementara itu, pada kegiatan Kunjungan Kerja Bupati Musi Banyuasin ke Kecamatan Lalan Dalam Rangka Panen Raya Jagung di Desa Mulya Jaya Kecamatan Lalan tampak Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin memanen secara langsung jagung menggunakan traktor yang disaksikan ratusan masyarakat Lalan.

Tidak hanya itu, Mantan Anggota DPR RI dua periode ini juga sebelum melakukan panen jagung perdana dirinya menyempatkan meninjau pembangunan jalan di Desa Sukajadi-Desa Bandar Agung Kecamatan Lalan. Bahkan, Presiden Klub Sepak Bola Sriwijaya FC ini juga mengendarai motor berkeliling Kecamatan Lalan untuk menjumpai warga setempat.[rel/rik]

Komentar Pembaca
Rocky Gerung: Istana Pamerkan Imoralitas

Rocky Gerung: Istana Pamerkan Imoralitas

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 13:00:00

Belajar Dari Anjloknya Lira Turki

Belajar Dari Anjloknya Lira Turki

SELASA, 14 AGUSTUS 2018 , 19:00:00

Dikecewakan Prabowo, GNPF Ancam Golput

Dikecewakan Prabowo, GNPF Ancam Golput

SELASA, 14 AGUSTUS 2018 , 15:00:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00

Berikan Pernyataan Perdana

Berikan Pernyataan Perdana

RABU, 27 JUNI 2018 , 23:22:00

Massa Minta PSU Pilgub Sumsel 2018

Massa Minta PSU Pilgub Sumsel 2018

JUM'AT, 06 JULI 2018 , 18:37:00