RMOLSUMSEL

Home     


"CHICK-CHICK" DAN "SOWAN"
JURI PERCAYA MAMPU BERJAYA DI SINGAPURA
KAMIS, 16 NOVEMBER 2017 , 07:28:00 WIB
LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

THE 5-MIN VIDEO CHALLENGE 2017/RMOLSUMSEL/RADEN MOHD SOLEHIN
  

RMOL. Nirwan, salah satu juri kompetisi domestik The 5-Min Video Challenge yang juga merupakan salah satu sutradara terbaik di Indonesia, Joko Anwar, mengatakan bahwa tahun ini kompetisi Telkomsel 5-Min Video Challenge ditandai dengan peningkatan kualitas teknis dan tema yang lebih beragam.

Menanggapi terpilihnya “Chick-Chick” sebagai juara nasional, Kevin Anderson, Sutradara “Chick-Chick”, mengatakan, merasa senang dan sempat kaget bisa terpilih mewakili Indonesia di kompetisi regional.

"Melihat para juri yang percaya dengan film kami, saya personally optimis ‘Chick-Chick’ punya peluang untuk menang di regional nanti," kata Kevin.

Sutradara “Sowan”, Destian Rendra, pun mengungkapkan harapannya untuk dapat memenangkan kompetisi ini. Dimana, film ‘Sowan’ adalah film yang paling serius dalam penggarapannya.

"Meski cukup cemas dengan karya para pesaing dengan karya-karya yang hebat dari berbagai negara, kami optimis akan mendapatkan hasil terbaik," ungkap Destian.

“Chick-Chick” bercerita tentang gadis kecil bernama Kara yang harus tinggal di rumah neneknya karena orangtuanya sedang bertengkar dan tidak berbicara satu sama lain. Di sana ia berteman dengan seekor ayam dan mencoba berkomunikasi dengan ayam tersebut dengan menggunakan telepon kaleng. Sedangkan “Sowan” menghadirkan cerita pendek tentang seorang pria yang melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor.

Dalam perjalanannya, ia menemukan masalah agrikultura di daerah setempat, di mana selama ini telah terjadi konflik antara petani, pengepul, dan penjual di pasar.
 
Selain memberikan suara untuk menentukan pemenang “Video Favorit Regional”, publik juga dapat ikut menentukan “Video Favorit Nasional” dari lima video pendek terbaik hasil pilihan panel juri. Kelima video tersebut adalah “Chick-Chick”, “Sowan”, “My Demonic Ex”, “Memori Terakhir”, dan “Surat dari Sinabung”.  Publik dapat melihat video nasional pilihan tersebut sekaligus memberikan dukungannya dengan mengikuti voting nasional di https://5minvideo.id/  sampai dengan tanggal 19 November 2017.

Nirwan kemudian kembali mengajak masyarakat Indonesia untuk mengikuti voting regional agar video perwakilan asal Indonesia bisa berhasil mendapatkan gelar Video Favorit Regional.

“Kita tentu akan turut bangga apabila video karya anak bangsa dapat juga terpilih menjadi ‘Video Favorit Regional’ sehingga bisa membawa nama baik Indonesia di depan audiens internasional. Mari kita berikan dukungan dan ikut menentukan juara favorit dengan mengikuti voting sebelum batas waktu yang ditentukan,” tutup Nirwan.

The 5-Min Video Challenge adalah sebuah kompetisi video regional yang mulai diadakan pada tahun 2016 dan merupakan hasil kolaborasi dari operator seluler yang tergabung dalam Singtel Group, yakni Singtel (Singapura), Optus (Australia), AIS (Thailand), Airtel (India dan Afrika), Globe (Filipina), dan Telkomsel (Indonesia).

Kompetisi ini terbuka untuk seluruh filmmaker, baik yang sudah berpengalaman di industri film maupun para pemula dan orang awam yang merasa tertantang untuk menciptakan konten berkualitas yang dapat menggugah perhatian masyarakat luas.

Dengan mengangkat tema “Connecting Lives”, kompetisi ini menantang kreativitas dan pemikiran partisipan untuk menginterpretasikan hubungan antara cara kita melihat dunia dan bertindak sehari-hari dengan berbagai kejadian yang mengantarkan kita pada hal-hal penting dalam hidup. Video berdurasi 5 menit tersebut juga bisa menjawab berbagai pertanyaan mengenai hal-hal yang dapat memisahkan maupun menghubungkan kita pada sesama.[rik]


Baca juga:
FILM "CHICK-CHICK" DAN "SOWAN" WAKILI INDONESIA DI SINGAPURA
JIKA PILKADA SEKARANG, ISHAK MEKKI LANGSUNG JADI GUBERNUR SUMSEL
KOMPETISI USAI, PEMAIN SRIWIJAYA FC MULAI DILIRIK KLUB-KLUB LAIN
GILIRAN SOFT TENIS GELAR TURNAMEN DI JAKABARING
FADLI ZON DAN IRINA HERESCHENKO SEPAKAT TINGKATKAN KERJASAMA PARLEMEN


Komentar Pembaca






Berita Populer

Minim Fasilitas Namun FPTI Pagaralam Mampu Tunjukan Prestasi
Buat Pupuk dan Briket Alternatif Tidak Bakar Lahan
10 Destninasi Wisata Ini Siap Sambut Tamu Asian Games