RMOLSUMSEL

Home     


DIVONIS 1 TAHUN 6 BULAN, BUNI YANI BERTERIMA KASIH....
SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 19:39:00 WIB
LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

  




Divonis 1 Tahun 6 Bulan, Buni Yani Berterima Kasih....
 RMOL. Majelis hakim Pengadilan Negeri Banding sudah menjatuhkan vonis 1 tahun 6 bulan penjara kepda Buni Yani hari ini, Selasa (14/11). Ia dinyatakan terbukti bersalah dengan melanggar Undang-undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), serta menyebarkan hate speech (ujaran kebencian).

Sempat terjadi kericuhan saat majelis hakim membacakan vonis Buni Yani. Para pendukung Buni tidak terima atas vonis hakim, sehingga melakukan protes dan sedikitnya 5 orang diamankan aparat.
Buni Yani sendiri bertemu para pendukungnya usai menerima vonis dalam persidangan di Gedung Perpustakaan dan Arsip, kota Bandung. Orang yang menyebarkan video pidato Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) itu mengucapkan terima kasih kepada keluarga, pengacara, dan juga masyarakat yang telah mengawal kasusnya.

"Saya ucapkan terimakasih kepada yang sudah mengawal sidang hari ini, para pengacara dan masyarakat yang sudah mengawal kasus ini. Demi membela kebenaran dan keadilan kita tidak akan berhenti berjuang, sampai kita menemukan kebenaran dan keadilan," ungkap Buni Yani dalam orasinya.

Sampai hari ini Buni percaya apa yang menimpa dirinya adalah kriminalisasi, di mana semua fakta persidangan yang meringankan dirinya tidak dipakai dalam putusan vonis.

"Ini kriminalisasi. Semua fakta persidangan yang meringankan saya tidak dipakai oleh majelis hakim," tegasnya seperti diberitakan RMOL.Co.

Selanjutnya, kata Buni, dirinya tidak akan takut terhadap vonis penjara yang diberikan, bahkan dirinya siap mati untuk membela kebenaran.

"Jangankan penjara, saya sudah menafkahkan nyawa saya dan saya siap mati," ucap mantan dosen itu.

Karena merasa dikriminalisasi, ia berjanji akan terus melawan vonis lewat langkah hukum alias naik banding.

Meski sudah menjatuhkan vonis 1 tahun 6 bulan penjara kepada Buni Yani, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bandung menjatuhkan tidak langsung melakukan penahanan terhadap Buni Yani.

Ketua tim penasihat hukum Buni Yani, Aldwin Rahadian, sudah menyatakan akan melawan putusan hakim itu lewat banding. [ida]


Baca juga:
TERBUKTI BERSALAH, BUNI YANI DIVONIS 1 TAHUN 6 BULAN PENJARA
TERKAIT UJARAN KEBENCIAN, NASIB DHANI DITENTUKAN LUSA
MANTAN WALIKOTA YANG MUNDUR DI ERA AHOK JADI STAF KHUSUS SANDIAGA UNO
SEHARI JADI GUBERNUR, ANIES BASWEDAN DIPOLISIKAN EKS TIM KUASA HUKUM AHOK
FADLI ZON: SEDERHANANYA, 61 PERSEN RAKYAT INGIN PRESIDEN BARU


Komentar Pembaca






Berita Populer

Jakarta Ibu Bunuh Anak, Baturaja Anak Gebuki Ibu
Gara-gara Menganggur, Andre Saputra Dipelor Tekab 134
Lawan Petugas dengan Senpira, Perampok Toke Karet Didor