Resam Diminati Dunia

Kuryana: Ayo Semua Masyarakat OKU Buat

Ragam  SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 11:47:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Kuryana: Ayo Semua Masyarakat OKU Buat

Produk kerajinan tangan "resam" asal Bandar Agung kecamatan Lubuk Batang Kabupaten OKU/RMOLSUMSEL/M Wiwin

RMOL. Produk kerajinan tangan "resam" asal Bandar Agung kecamatan Lubuk Batang Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang mendapat sambutan hangat dari negara luar, sangat diapresiasi Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Drs Kuryana Azis.

Bahkan, orang nomor satu di daerah berjuluk sebimbing sekundang itu siap mendukung pengembangan produk resam.

Dikatakan Kuryana, bahwa pemerintah kabupaten (Pemkab) OKU khususnya dirinya menginginkan kerajinan resam ini tidak hanya digeluti orang Bandar Agung saja.

Tapi seluruh masyarakat OKU diharapkan juga bisa membuat kerajinan yang ramah lingkungan ini.

"Makanya saya tawarkan diadakan pelatihan. Nah produk ini juga kabarnya sudah sampai ke manca negara bahkan sudah ada negara luar yang berminat dengan produk resam ini," tuturnya.

Menurutnya, jika produk kerajinan tangan ini dikembangkan, sedikit banyaknya bisa menjadi penghasilan bagi masyarakat OKU, dan perekonomian masyarakat bisa meningkat.

"Inikan produk yang bahan bakunya mudah didapat, bahan bakunya dari tanaman paku (pakis,red) liar yang tumbuh di hutan, dan di OKU tanaman paku ini banyak," ujarnya.

Intinya lanjut Kuryana, Pemkab OKU akan membantu, bila perlu kalau bisa nanti dianggarkan untuk pengembangan dan pelatihan pembuatan produk kerajinan resam ini.

"Selama ini produk resam hanya berupa kopiah dan huntung (bakul,red), ya kalau bisa dikembangkan designnya, bisa jadi tatakan gelas, topi dan lainnya, jadi bisa berkembang," imbuhnya.

Disinggung apakah Pemkab OKU akan membuat resam ini menjadi sentral kerajinan dan oleh-oleh khas OKU, Kuryana mengatakan kemungkinan itu pasti ada.

"Bisa saja nanti, intinya kita kembangkan dahulu," tandas suami Hj Badiar Dewi itu.[rik]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00