Kecoh Google, WhatsApp Palsu Tipu Sejuta Netizen

Ragam  SENIN, 13 NOVEMBER 2017 , 23:38:00 WIB

Kecoh Google, WhatsApp Palsu Tipu Sejuta Netizen
RMOL. Sempat hadir aplikasi baru WhatsApp, yang belakangan diketahui palsu. Tak kurang dari sejuta orang telah mendownload aplikasi abal-abal, yang dibuat untuk mendapatkan keuntungan sesaat itu.

Begitulah! Setelah ketahuan WhatsApp tersebut palsu, Google Play Store yang merupakan tempat resmi pengguna aplikasi WhatsApp (asli) langsung menutup yang abal-abal.

Walau tergolong sederhana teknologi dan trik yang digunakan WhatsApp palsu, Google Play Store sempat terkecoh. WhatsApp abal-abal itu hadir dengan trik membuat nama pengembang yang nyaris sama dengan WhatsApp Inc selaku pengembang asli.

Bedanya hanya secara digital dibuktikan yaitu ada dua byte tambahan di baris nama pengembang yaitu 0xC2 0xA0.

Laporan dari pengguna Reddit, DexterGenius pada 3 November mengungkapkan, aplikasi WhatsApp yang palsu sebenarnya hanya membungkus program APK dari aplikasi WhatsApp yang asli dengan tambahan iklan-iklan demi keuntungan pihak pemalsu.

"Saya sendiri telah mencoba download dan membongkar program WhatsApp palsu ini, aplikasi ini memiliki permission minimal (internet access) tetapi dasarnya hanya program downloader yang mengunduh program yang diberinama 'whatsapp.apk' Dan kemudian program ini mencoba menyembunyikan diri dengan rename diri sendiri kosong dan tanpa icon," ungkap DexterGenius seperti diberitakan JPNN, Senin (13/11).

Saat ini, aplikasi WhatsApp palsu telah dihapus dari Play Store dengan sejuta pengunduh yang tertipu.

Google sendiri telah memberitahu situs berita The Register bahwa mereka akan menyelidiki lebih lanjut dan pengembang aplikasi WA palsu saat ini telah diblokir. [ida]



Komentar Pembaca
Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00

Berikan Pernyataan Perdana

Berikan Pernyataan Perdana

RABU, 27 JUNI 2018 , 23:22:00