Jepang Pesan Handmade Asal OKU Sekontainer, "Hang Ugan" Bangga

Ekonomi  SENIN, 13 NOVEMBER 2017 , 10:59:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Jepang Pesan Handmade Asal OKU Sekontainer,

Jepang Pesan Produk Handmade Asal OKU/RMOLSUMSEL/M Wiwin

RMOL. Produk kerajinan resam yang berasal dari Bandar Agung kecamatan Lubuk Batang Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), rupanya telah mendunia.

3 Negara sangat berminat, bahkan telah memesan produk kerajinan resam ini. Produk kerajinan tangan "Hang Ugan" khas OKU itu dikenal dunia saat dibawa oleh promotor kerajinan resam Angga Wibowo Gultom ke ajang pameran bergengsi yakni Trade Expo Indonesia yang digelar bulan oktober lalu di Gedung Indonesia Convention Exhibition BSD Tangerang yang dibuka secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Produk tersebut mampu menyisihkan para pesaingnya dari 17 kabupaten/ Kota di Sumsel dan mewakili Sumsel untuk mengikuti pameran yang diikuti oleh 75 negara.

Produk handmade yang ramah lingkungan karena terbuat dari tumbuhan alami, ini mampu mencuri perhatian negara luar, diantaranya Jepang, Arab Saudi dan India.

Ketiga negara ini telah melakukan penjajakan untuk kerjasama pemesanan.

Bahkan Jepang telah memesan kerajinan tangan Resam hang ugan sebanyak 1000 Pcs atau satu kontainer, berupa topi musim panas untuk dikirim ke negara Sakura tersebut.

Mendapat sambutan hangat, Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Drs Kuryana Azis memberikan apresiasi bahkan orang nomor satu di bumi berjuluk sebimbing sekundang itu siap mendukung pengembangan produk resam.

Dikatakan Kuryana, beberapa waktu lalu sudah ada beberapa orang mahasiswa dari Universitas Baturaja (Unbara) beserta promotor produk resam ini yang menemuinya guna minta dukungan pengembangan produk resam ini hingga ke daerah-daerah yang ada di OKU.

"Saya sangat meyambut baik dan mengapresiasi produk yang dihasilkan oleh masyarakat OKU yakni desa Bandar Agung. Dan saya juga menawarkan jika akan dilakukan pelatihan pembuatan resam ini, ya undang pembuat dari Bandar Agung dan kembangkan di masyarakat," Kata Kuryana belum lama ini.[rik] 

Komentar Pembaca
Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00

Berikan Pernyataan Perdana

Berikan Pernyataan Perdana

RABU, 27 JUNI 2018 , 23:22:00