RMOLSUMSEL

Home     


KOMISI IX DPR RI SOSIALISASIKAN KIE KREATIF
DAK ZAMAN BANYAK ANAK BANYAK REJEKI..
SENIN, 13 NOVEMBER 2017 , 07:59:00 WIB

SOSIALISASIKAN KIE KREATIF DI MUARA ENIM/RMOLSUMSEL/EDWINSYAH SATRIA
  

RMOL. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) bersama Anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) Irma Suryani SE, mensosialisasikan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Kreatif Tahun 2017 bagi ratusan masyarakat Desa Kuripan Selatan, Kecamatan Rambang Dangku.

Kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi angka pernikahan di usia dini, serta menekan laju pertumbuhan penduduk tersebut, berlangsung di lapangan desa setempat, Sabtu (11/11).

Kabid Advokasi dan KIE Pergerakan data dan Informasi BKKBN Sumsel, Nurdin SSos MKes didampingi Taufik dari BKKBN Muara Enim, mengatakan program KIE Kreatif merupakan salah satu cara yang digunakan BKKBN dalam mempromosikan programnya ke masyarakat luas. Sasarannya adalah seluruh masyarakat, terutama yang berada di pedesaan, agar mereka lebih mengenal tentang program Keluarga Berencana (KB).

“KIE Kreatif sendiri bukan sekedar mengenalkan, tetapi juga turut mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK),” jelasnya.

Menurut Nurdin, masalah kependudukan di Indonesia bisa menjadi ancaman serius jika tidak dikendalikan dengan baik. Kerena itu, program pengendalian penduduk, seperti KB menjadi kebutuhan mutlak.

“Program KB bukan saja untuk membatasi angka kelahiran, tapi juga mewujudkan generasi berkualitas untuk masa depan. Karena mewujudkan keluarga bahagia itu perlu perencanaan yang matang sejak awal. Termasuk pelayanan dan kualitas yang akan diberikan kepada anak kelak,” sebutnya. Terlebih, kata dia, keluarga berkualitas akan menciptakan generasi bangsa yang berkualitas pula.

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi NasDem, Irma Suryani melalui Staf Ahli Kesehatan, Vica Virvilia, dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa untuk menghadapi bonus demografi Indonesia 2020-2030, yakni fenomena jumlah penduduk usia produkif sangat besar, sedangkan proporsi usai muda sudah semakin kecil, dan usia lanjut belum banyak. Maka diperlukan anak-anak yang berkualitas.

“Hal ini bisa dimulai dari perencanaan kelahiran yang matang. Salah satunya dengan mengikuti program KB. Soalnya dengan ikut KB, jarak kehamilan dapat diatur sehingga kasih sayang maupun perhatian terhadap anak lebih maksimal,” kata Vica Virvilia.

Dirinya kembali menambahkan, bahwa sosialisasi terkait pengendalian penduduk memang menjadi tugas DPR RI khususnya Komisi IX. “BKKBN sendiri merupakan salah satu mitra kerja Komisi IX DPR RI. Sehingga berkewajiban memantau dan mendorong agar program KB dapat berjalan dengan baik,” tukasnya.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut turut pula dihadiri Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Muara Enim dari Fraksi NasDem Mardiansah SH, Camat Rambang Dangku diwakili SekcamSeptian Andi, Kapolsek, Kades Kuripan Selatan, Kades Kuripan, Kades Air Talang, serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan ratusan warga desa setempat.

Sedangkan pada hari yang sama, atau paginya, BKKBN bersama Anggota DPR RI Komisi IX Irma Suryani, juga mengadakan kegiatan Integrasi Kampung KB di Desa Muara Niru, Kecamatan Rambang Dangku.[rik]


Baca juga:
OH..BANYAK PENGIRIMAN TKI TIDAK MELALUI PROSEDUR
SEBAIKNYA 20 PERSEN CUKAI ROKOK DIALIHKAN KE KESEHATAN
DPR DESAK PEMERINTAH ANTISIPASI BPJS KESEHATAN YANG TERANCAM COLLAPS
FOKUS DI DPR, DEDE YUSUF BELUM KONSENTRASI PILKADA JABAR
DPR CECAR TIGA LEMBAGA TERKAIT OBAT DAN VAKSIN PALSU


Komentar Pembaca






Berita Populer

Mau Awet Muda, Gampang Baca Ini..
Ikuti Petunjuk Ini Maka Anda Terbebas Dari Kanker
Germas Untuk Masyarakat Sehat Sejahtera, Why Not!