Tidak Punya Daya Tarik, Objek Wisata di OKU Semakin Terpuruk

Sosial  MINGGU, 12 NOVEMBER 2017 , 12:36:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Tidak Punya Daya Tarik, Objek Wisata di OKU Semakin Terpuruk

ilustrasi/net

RMOL. Meskipun terbilang dekat dengan kota Baturaja, namun objek wisata Lesung Bintang di desa Laya Kecamatan Baturaja Barat kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), tampaknya kian terpuruk.

Ini lantaran kurangnya daya tarik pada objek wisata dalam kota baturaja tersebut, sehingga membuatnya ditinggalkan wisatawan.

Aset wisata batu Lesung Bintang yang terletak di atas bukit di desa Laya itu menempati areal seluas lebih kurang 2.500 m. Jaraknya dari pusat kota Baturaja hanya berkisar 3 km saja. Mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor.

D lokasi tersebut, ada beberapa peninggalan sejarah sebagai bagian dari batu Lesung Bintang. Diantaranya; batu berbentuk lesung bersegi delapan. Tapi itu tadi, seiring dengan terlupakannya dan tidak terawatnya lesung bintang, maka bentuk Lesung Bintang pun sudah tidak berbentuk bintang lagi.

Kurangnya daya tarik dan promosi dari pihak terkait, membuat objek wisata tersebut tak lagi menarik. Apalagi sampai membuat pengunjung ingin kembali berulangkali mengajak orang lain bertamasya ke lokasi tersebut. Alhasil, obyek wisata tersebut kini terkesan sebagai tempat angker.

"Padahal Lesung Bintang mempunyai arti dan nilai sejarah yang tinggi," ujar Wahyu, warga Baturaja.

Sebenarnya, di lokasi objek wisata ini, kata Wahyu, kita juga bisa menikmati  pemandangan yang indah dan hijaunya dedaunan yang dibelah oleh alur Sungai Ogan. Dari tempat ini kita juga dapat menyaksikan dengan jelas semaraknya kota Baturaja.

Karenanya, ia berharap pemerintah setempat atau instansi terkait yang menaunginya, dapat lebih serius memelihara dan mempromosikan objek wisata tersebut. Agar wisatawan, utamanya generasi muda tertarik berkunjung kesana. [yip]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00