RMOLSUMSEL

Home     


MENDIKBUD USUL ALIRAN KEPERCAYAAN DIURUS KEMENAG
MINGGU, 12 NOVEMBER 2017 , 10:13:00 WIB

  

RMOL. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi meminta agar urusan aliran kepercayaan berada di tangan Kementerian Agama, terkait keputusan Mahkamah Konstitusi soal aliran kepercayaan yang diperbolehkan masuk kolom agama di kartu identitas.

Menurutnya, selama ini, aliran kepercayaan masih diposisikan sebagai bagian dari budaya bukan agama, sehingga berada di bawah naungan dan tanggung jawab Kemendikbud.

"Kalau nanti aliran kepercayaan menjadi bagian dari agama, saya sarankan menjadi tanggung jawab Kementerian Agama," ujarnya Muhadjir.

Kemendikbud sendiri hanya akan mengurus pada persoalan pendidikannya, dalam hal ini pelajaran yang akan diberikan di sekolah-sekolah. Dengan masuk kolom agama, otomatis aliran kepercayaan akan masuk kurikulum dan menjadi mata pelajaran bagi penganut yang bersangkutan sebagaimana mata pelajaran agama lain.

"Harus ada pelajaran di sekolah. Apalagi kalau peserta didiknya memenuhi ketentuan kita harus menyediakan jam pelajaran agama untuk mereka seperti pelajaran agama lainnya," jelasnya kepada wartawan, Minggu (12/11).

Mahkamah Konstitusi sebelumnya berpendapat kata agama dalam pasal 61 ayat 1 dan pasal 64 ayat 1 UU 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan bertentangan dengan UUD 1945. Sehingga penganut aliran kepercayaan memiliki kedudukan hukum sama dengan pemeluk agama yang diakui di Indonesia. [Wahyu/wah]


Baca juga:
KEMENAG TEGASKAN, KEPERCAYAAN BUKAN AGAMA
MUI PRABUMULIH : PENGUJIAN HARUS LIBATKAN MUI
JOKOWI GURUNYA ANIES MURIDNYA
PERHATIAN! 1.000 PTS INI AKAN DICABUT IZINNYA
2018, PALEMBANG TERBANYAK LOWONGAN CPNS GURU


Komentar Pembaca






Berita Populer

Kasihan, Istrinya Baru Melahirkan....
Viral di Sosmed, Netizen Ungkap Identitas 2 Korban Tabrakan Mau
Amankan Ratusan Botol Miras dan Rokok Bangkok