Perangkat Desa Tak Paham Tupoksi, Ke Laut Aja..

Ragam  JUM'AT, 10 NOVEMBER 2017 , 15:42:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Perangkat Desa Tak Paham Tupoksi, Ke Laut Aja..

Ilustrasi/Net

RMOL. Untuk meningkatkan kapasitas tugas pokok serta fungsi (tupoksi) aparatur pemerintah desa, maka Pemerintah Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar pelatihan yang dipusatkan di kantor Desa Belimbing, kemarin (9/10).

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti seluruh perangkat desa, BPD dan para RT.

Di kesempatan itu, Camat Peninjauan Feri Iswan, mengajak kepada peserta pelatihan untuk lebih meningkatkan tupoksinya agar terwujud tata kelola pemerintahan desa dan keuangan desa yang profesional, transparan dan akuntabel.

“Mari kita bersama-sama meningkatkan kapasitas dan tupoksi masing-masing dalam rangka memajukan desa ini serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju desa mandiri dan berinovasi,” ajak Camat.

Menurutnya, dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan desa, maka perangkat desa harus memahami pedoman dan aturan teknis penyelenggaraan pemerintahan desa antara lain UU desa No.6 tahun 2014 dan PP No 43 tahun 2014

“Selain itu aparatur pemerintah desa juga harus memahamai Permendagri N.83 tahun 2015 serta Perda OKU No.6 tahun 2016 dan Perbup OKU No.42 tahun 2016 yang mengatur petunjuk teknis mekanisme pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa serta tupoksinya,” tegas Camat.

Sementara Kades Belimbing, Yusman berharap agar perangkat Desa Belimbing dapat lebih memahami dan menambah wawasan dalam melaksanakan tupoksinya sebagai aparatur pemerintahan desa.

Sementara itu, Alex Tarmizi sebagai nara sumber dari Dinas PMD OKU mengatakan, bahwa pelatihan ini dianggap penting untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perangkat desa dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai pembantu Kepala Desa dalam penyelenggaran pemerintahan desa.

“Pelatihan ini diharapkan juga dapat memberikan pemahaman dalam penyelenggaraan pemerintahan desa sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta memberikan penajaman orientasi atas pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa guna pemantapan penyelenggaraan pemerintahan desa,” jelasnya.

Dengan demikian, dari kegiatan ini diharapkan seluruh perangkat desa yang mengikuti pelatihan dapat memahami tugas dan kewenangannya sehingga kegiatan pemerintahan desa dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada sehingga dapat tercapai kehidupan masyarakat yang lebih baik,” pungkasnya.[rik]

Komentar Pembaca
Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 12:00:00

Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00