Rumah Baca Seperti Rumah Hantu

Ekonomi  KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:37:00 WIB

Rumah Baca Seperti Rumah Hantu

RMOLSUMSEL

RMOL.Rumah baca selayaknya dijadikan satu tempat dimana setiap orang yang ingin mendapatkan informasi melalui membaca bisa nyaman, dan ramai.

Namun hal tersebut tidak berlaku dengan Rumah Baca Seperti Rumah Hantu yang berada di Kelurahan Muara Enim. Rumah baca ini pada jam pulang sekolah tepatnya siang hingga sore tampak sepi seperti rumah hantu.

Dari pantauan di lapangan, Kamis (9/11), dari depan hanya terlihat satu kendaraan yang parkir. Kendaraan tersebut merupakan milik petugas yang berjaga disana. Tidak ada tanda tanda pengunjung yang datang.

Menurut salah satu petugas yang bertugas disana Ahmad Riadi mengatakan, memang Rumah Baca ini lebih sering dalam keadaan sepi ketimbang ramai.

"Dalam satu minggu paling hanya satu hari yang ramai, dan itupun jumlah pengunjung tidak sampai 10 orang. Jadi lebih sering hanya kamibyang ada di sini," ujarnya.

Rumah baca ini, lanjut Ahmad Riadi, tidak meminjamkan buku. "Jadi bagi yang ingin membaca hanya bisa membaca disini tanpa bisa membawa pulang ke rumah," tambahnya.

Beberapa kali, lanjut Ahmad pernah digunakan oleh siswa sekolah yang ingin belajar bersama. "Itupun tidak sering, hanya beberapa kali saja siswa menggunakan untuk mencari materi tugas sekolah," ujarnya.

Sangat disayangkan, salah satu tempat yang bisa dijadikan tempat mencari informasi dan ilmu tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Padahal, lokasinya sangat dekat dengan beberapa sekolah dan kampus, dan juga lingkungan yang padat penduduk.

Rumah baca ini pengawasannya di bawah Badan Perpustakaan Daerah. Untuk buki bukunya sendiri berasal dari Perpusda dan selalu berganti setiap tiga bulan sekali.

Pemerintah Kabupaten Muara Enim seharusnya lebih bisa mengoptimalkan keberadaan rumah baca sebagai salah satu upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan banyak melakukan kegiatan yang berhubungan dengan buku.[sri/edwinsyah]






Komentar Pembaca
#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 20:00:00

Airlangga Berpeluang Digarap KPK

Airlangga Berpeluang Digarap KPK

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 13:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00