RMOLSUMSEL

Home     


UJI COBA ONE WAY
DEWAN SUMSEL: HANYA PINDAHKAN KEMACETAN
KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 13:37:00 WIB
LAPORAN: SUHARDI

UJI COBA ONE WAY SIMPANG LIMA DPRD SUMSEL/RMOLSUMSEL
  

RMOL.Uji coba sistem satu arah (one way) di Jalan POM IX dan Jalan Dhani Effendi (Radial) yang mulai dilakukan Rabu (8/11) kemarin dinilai belum efektif dan membingungkan masyarakat.

Hal ini dikemukakan Anggota Komisi IV DPRD Sumsel, RA Anita Noeringhati, Kamis (9/11).

Anita mengatakan pihaknya mengapresiasi upaya dinas perhubungan dan dinas terkait untuk mengurai kemacetan di dua ruas jalan tersebut. Namun sebagai pengguna jalan dia menilai perlu adanya evaluasi karena uji coba one way masih membingungkan pengguna jalan.

Menurut Politisi Golkar ini, dengan penerapan sistem one way di jalan POM IX memang membuat arus lalu lintas jadi lancar. Namun, dampaknya ke jalur yang dari arah Bukit malah terjadi kemacetan.

"Harusnya dilakukan survei terlebih dahulu untuk jalur yang memang jadi penyebab kemacetan setiap harinya. Contoh saja dari arah Bukit itu tiap hari macet, sekarang malah lebih macet pasca diterapkannya satu arah di POM IX dan Jalan Radial," imbuh Ketua Komisi IV ini.

Oleh karena itu, dirinya meminta dinas terkait melakukan kajian ulang terhadap sistem satu arah tersebut. Selain itu, untuk uji coba penerapan sistem satu arah jangan terlalu lama agar lebih mudah untuk evaluasi.

"Uji coba itu satu minggu saja, kalau kira-kira tidak ada perubahan baik harus dilakukan evaluasi. Sosialisasi kepada masyarakat juga harus lebih detil, jangan cuma memberi tahu lewat media sosial saja. Jadi masyarakat juga lebih paham dan tidak terkena Jebakan Batman," tegasnya.

Pihaknya juga menyayangkan mengapa penerapan sistem satu arah baru dilakukan di Jalan Radial setelah dibukanya Mall Transmart. Dirinya paham betul perlu pengaturan lalu lintas di ruas jalan yang terjadi kemacetan, namun tetap jangan sampai masyarakat jadi kebingungan.

"Makanya setiap pembangunan gedung ataupun bangunan lain perlu ada analisis dampak lalu lintas (andalalin) agar potensi kemacetan bisa diatasi dengan baik," pungkasnya.

Senada dengan Anita, Anggota DPRD Sumsel lainnya Fahlevi Maizano menilai uji coba one way perlu dievaluasi. Menurut politisi PDIP ini, uji coba one way yang sudah berlangsung 2 hari sejak kemarin belum efektif.

"One way ini hanya pemindahan kemacetan. Macetnya pindah di jalan depan Pasar Gubah. Jadi perlu evaluasi," pungkasnya. [sri].









Baca juga:
ISHAK MEKKI DAPAT DUKUNGAN PBB DAN PPP
JOKOWI HARI INI SUDAH KERJA LAGI
WOW.. TURNAMEN GOLF TAWARKAN MERCY
BIKIN MIKIR, TAK ADA NAMA LOKAL JADI CALON PEMAIN TERBAIK LIGA 1
PRODUK KALENGAN BERACUN, INI KATA KKP


Komentar Pembaca






Berita Populer

Inilah Nama-nama Calon Kepala Daerah yang Diusung PDIP
Demokrat Serahkan SK Dukungan Untuk Harnojoyo-Fitri
Kasihan! Titiek Soeharto Hanya Dijadikan Korban Permainan Politik...