Disdukcapil Buka Layanan di PS Mall, Bikin KTP-e Bisa Sambil 'Ngadem'

Ragam  KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 12:25:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Disdukcapil Buka Layanan di PS Mall, Bikin KTP-e Bisa Sambil 'Ngadem'

PS Mall/Net

RMOL. Dalam rangka memberikan pelayanan terhadap administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang akan melakukan pendekatan langsung ke masyarakat. Dimana, hal itu ungkap Kepala Disdukcapil Kota Palembang, Ali Subri melalui Kabid Pencatatan Sipil Disdukcapil, Siti Fauziah, dilakukan dengan membuka pelayanan pembuatan akte kelahiran di Palembang Square (PS) Mall.

"Sebagai pelayan masyarakat, kita ingin mempermudah masyarakat untuk mendapatkan administrasi kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Akte Kelahiran. Itulah kenapa kami kembali berencana membuka pelayanan umum di Mall," jelasnya kepada RMOLSumsel, Kamis (9/11).

Fauziah menerangkan, rencana membuka pelayanan di PS Mall, akan dilakukan pada tanggal 13 sampai 24 November mendatang. Bertempat di lantai 3 PS Mall, pelayanan di buka dari pukul 10.00 WIB sampai 17.00 WIB. Dengan melayani tidak hanya pembuatan akte kelahiran saja, melainkan juga perekaman KTP-e.

"Selain kami aktif membuka layanan di sela-sela kegiatan gotong royong bersama Walikota Palembang, kami juga ingin mendekatkan diri ke masyarakar dengan membuka layanan di Mall," terangnya.

Dengan adanya rencana kegiatan tersebut, Fauziah berharap masyarakat dapat manfaatkan kesempatan tersebut. Keluarga ataupun anak yang belum memiliki akte silakan datang.

Adapun syarat-syarat untuk mengurus akte kelahiran yakni, kartu keluarga (pada kk nama anak/bayi sudah ada di dalam kk), KTP orang tua, buku nikah/akta nikah, surat keterangan lahir dan ijazah bagi yang sudah ada. Bahkan persyaratan pembuatan akte kelahiran ini semakin dipermudah dengan tidak perlu lagi menyantumkan bukti lunas PBB.

"Kalau syarat diatas sudah lengkap langsung kita proses, dalam waktu 10 hari sudah selesai dan bisa langsung di ambil di PS juga, kecuali untuk pembuatan akte kelahiran di hari hari terakhir, untuk mengambilnya silahkan ke kantor kita," terangnya.

Dengan semakin dipermudahnya masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukannya, tambah Fauziah, tentunya tidak ada alasan lagi masyarakat yang tidak melengkapi data kependudukan mereka. Dengan demikian target pencapaian secara nasional pun akan semakin cepat tercapai. Sehingga kedepannya tidak ada lagi warga yang tidak memiliki akte kelahiran.

"Target nasional untuk pembuatan akte kelahiran ini sudah kita capai dengan raihan 88,66%. Jadi yang belum memiliki akte kelahiran ini tinggal 11,33% lagi," imbuhnya.[rik]

Komentar Pembaca
Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 21:00:00

Koalisi Jokowi Mulai Pecah

Koalisi Jokowi Mulai Pecah

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 20:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00