Waduh! IMB Hotel Ibis Ternyata Belum Dicabut

Politik  SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 15:05:00 WIB | LAPORAN: SADAM MAULANA

Waduh! IMB Hotel Ibis Ternyata Belum Dicabut

net

RMOL. Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Hotel Ibis belum dicabut. Meski aktivitas pembangunan sudah di stop, namun proses pengajuan IMB yang baru belum kunjung terlaksana, sesuai janji yang diungkapkan saat rapat bersama Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang.

Dinas terkait terkesan menunggu itikad baik dari pihak pengembang untuk pengajuan IMB yang baru. Dimana pengajuan ini harus sesuai bentuk bangunan dan luas hotel yang berada di Jalan Letkol Iskandar Kelurahan 15 Ilir Kecamatan Ilir Timur (IT) I itu.

"Jika bangunan ingin dilanjutkan, kami harap agar segera mengajukan permohonan IMB baru. Tapi kalau tidak berarti status bangunan menjadi stop permanen," kata Kepala Dinas PU-PR Palembang, Syaiful Bay, Selasa (7/11).

Dia mengungkapkan, pihaknya sudah menyampaikan secara lisan kepada pengembang temuan pelanggaran yang harus diperbaiki jika bangunan tersebut akan dilanjutkan. Sehingga pihaknya belum melakukan progres terkait pencabutan IMB Hotel Ibis sampai perbaikan dilakukan.

Menurut Syaiful, kesulitannya karena lantai bangunan baru tingkat tujuh, belum mencapai tingkat sebelas, atau sesuai pengajuan awal. Hal ini dikhawatirkan di tengah jalan pengembang merubah rencana dan akan berakibat ke persoalan hukum baru karena sudah ada retribusi yang disetor.

"Kita masih menunggu laporan dari pengembang tentang apa yang sudah dilakukan. Terutama terkait temuan pelanggaran. Apakah sudah diperbaiki sepenuhnya atau masih dalam proses," tuturnya.

Syaiful menjelaskan, janji di depan Komisi I saat rapat hanya sebatas saran, bukan berarti tindakan hukum yang harus dilakukan. Karena tidak bisa tindakan ini dilakukan secara sepihak dan pihaknya sangat menerima saran itu sebagai wakil rakyat.

"Belum diproses pencabutan IMB Hotel Ibis tapi untuk aktivitas sudah di stop sampai pelanggaran diperbaiki dengan sempurna. Seperti, sekat-sekat dilantai basement harus dibongkar," jelasnya.

Sebelumnya, dihadapan Komisi I DPRD Palembang, Kepala Dinas PU-PR berjanji akan menyelesaikan pencabutan IMB Hotel Ibis dalam waktu sepekan.

Pernyataaan ini diungkapkan Syaiful dihadapan Ketua Komisi I DPRD Palembang, Endang Larasati Lelasari, saat rapat bersama OPD terkait di ruang rapat Komisi I DPRD Palembang, Senin (30/10). [sri]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00