RMOLSUMSEL

Home     


PENCEGAHAN DINI, DEWAN INGINKAN PUSKESMAS BUKA 24 JAM
KAMIS, 02 NOVEMBER 2017 , 18:14:00 WIB
LAPORAN: SADAM MAULANA

FOTO/NET
  

RMOL. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang Darmawan menginginkan agar Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dapat beroperasional selama 24 jam.

Hal ini mesti dilakukan sebagai langkah antisipasi andai ada keadaan darurat di tengah masyarakat. Sehingga dapat menghindari keterlambatan pelayanan dalam menuju Rumah Sakit (RS), yang jaraknya cukup jauh.

"Puskesmas bagusnya itu harus ada shift-shiftan, sebagai antisispasi pelayanan awal. Ya minimal pencegahan dini. Untuk memaksimalkan ini harus juga menjalin kerjasama dengan Polri untuk pengamanannya," kata dia, Kamis (2/11).

Menurut Darmawan, Puskesmas yang merupakan unit pelayanan kesehatan di Kecamatan, menjadi prioritas Pemerintah kota (Pemkot) Palembang dalam pembangunan, selain sektor pendidikan. Demikian pula dengan Puskesmas Pembantu agar dapat beroperasi selama 24 jam.

"Untuk bidang kesehatan, tetap memprioritaskan pelayanan di Puskesmas yang ada di setiap kecamatan. Agar pelayanan lebih maksimal kami menginginkan kedepan Puskesmas bisa beroperasi dalam 24 jam," ujarnya.

Dalam pengajuan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD) 2018 yang telah disetujui DPRD Palembang, Pemkot tetap menjadikan bidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan sebagai hal penting yang diutamakan.

Namun, khusus bidang pendidikan, anggaran tersebut bakal lebih diprioritaskan. Terutama untuk perbaikan infrastruktur sekolah yang rusak, di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP).

"Karena banyaknya bangunan sekolah yang tidak layak, bahkan ada beberapa bangunan yang memang sudah mendesak untuk diperbaiki, seperti SD dan SMP di kawasan Jakabaring dan Tegal Binangun, maka sektor pendidikan akan lebih diprioritaskan," terangnya.[rik]


Baca juga:
AMIEN RAIS: INSYA ALLAH CARI WAKTU KETEMU PAK JOKOWI, BUKAN LUHUT
PKS: AHY BERTEMU PRABOWO, TAK PERLU DICURIGAI..
BARTER DENGAN SRI MULYANI, RIZAL RAMLI: DPR TAK PERNAH BERPIHAK DENGAN RAKYAT
RIZAL RAMLI: PARPOL NGOMONGIN APA SIH? KOK DIAM UU PNBP DIREVISI
SEKDA BUKA RAPAT PEMBENTUKAN UPTD DAN BADAN PROVINSI SUMSEL


Komentar Pembaca






Berita Populer

Mau Awet Muda, Gampang Baca Ini..
Ikuti Petunjuk Ini Maka Anda Terbebas Dari Kanker
Germas Untuk Masyarakat Sehat Sejahtera, Why Not!