Pencegahan Dini, Dewan Inginkan Puskesmas Buka 24 Jam

Kesehatan  KAMIS, 02 NOVEMBER 2017 , 18:14:00 WIB | LAPORAN: SADAM MAULANA

Pencegahan Dini, Dewan Inginkan Puskesmas Buka 24 Jam

Foto/Net

RMOL. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang Darmawan menginginkan agar Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dapat beroperasional selama 24 jam.

Hal ini mesti dilakukan sebagai langkah antisipasi andai ada keadaan darurat di tengah masyarakat. Sehingga dapat menghindari keterlambatan pelayanan dalam menuju Rumah Sakit (RS), yang jaraknya cukup jauh.

"Puskesmas bagusnya itu harus ada shift-shiftan, sebagai antisispasi pelayanan awal. Ya minimal pencegahan dini. Untuk memaksimalkan ini harus juga menjalin kerjasama dengan Polri untuk pengamanannya," kata dia, Kamis (2/11).

Menurut Darmawan, Puskesmas yang merupakan unit pelayanan kesehatan di Kecamatan, menjadi prioritas Pemerintah kota (Pemkot) Palembang dalam pembangunan, selain sektor pendidikan. Demikian pula dengan Puskesmas Pembantu agar dapat beroperasi selama 24 jam.

"Untuk bidang kesehatan, tetap memprioritaskan pelayanan di Puskesmas yang ada di setiap kecamatan. Agar pelayanan lebih maksimal kami menginginkan kedepan Puskesmas bisa beroperasi dalam 24 jam," ujarnya.

Dalam pengajuan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD) 2018 yang telah disetujui DPRD Palembang, Pemkot tetap menjadikan bidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan sebagai hal penting yang diutamakan.

Namun, khusus bidang pendidikan, anggaran tersebut bakal lebih diprioritaskan. Terutama untuk perbaikan infrastruktur sekolah yang rusak, di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP).

"Karena banyaknya bangunan sekolah yang tidak layak, bahkan ada beberapa bangunan yang memang sudah mendesak untuk diperbaiki, seperti SD dan SMP di kawasan Jakabaring dan Tegal Binangun, maka sektor pendidikan akan lebih diprioritaskan," terangnya.[rik]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pantau Jembatan Endikat

Pantau Jembatan Endikat

SABTU, 19 MEI 2018 , 13:33:00