Berbahayakah Masturbasi bagi Kesehatan? Ini Penjelasannya

Kesehatan  RABU, 18 OKTOBER 2017 , 16:02:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Berbahayakah Masturbasi bagi Kesehatan? Ini Penjelasannya

dr Theresia Rina Yunita

RMOL. Masturbation (masturbasi/onani) merupakan hal yang biasa dilakukan kaum pria.   Oleh sebagian besar pria, masturbasi dijadikan jalan untuk mengobati keinginan berhubungan intim--yang tak dapat dilakukannya saat itu karena berbagai faktor.  

Namun masturbasi ini terus menjadi kontroversi dalam kehidupan kaum pria. Sebab ada pendapat menyebutkan, masturbasi akan menimbulkan berbagai dampak negatif bila sering dilakukan. Akibatnya tak sedikit pria, terutama lajang, gelisah gara-gara urusan masturbasi ini. Berbahayakah masturbasi? Bagaimana menghilangkan kebiasaan masturbasi?

Atas pertanyaan itu, dr Theresia Rina Yunita memberikan penjelasan sebagaimana dilansir laman Klikdokter.com berikut ini:

Masturbasi/onani merupakan suatu perangsangan seksual pada alat kelamin yang sengaja dilakukan untuk mendapatkan kepuasan seksual. Kebiasaan masturbasi seringkali dikaitkan dengan kemampuan ereksi dan ejakulasi pria. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Bila dilakukan dengan tepat, onani atau masturbasi dapat melatih seseorang mengendalikan sensitivitas dan penerimaannya terhadap stimulus / rangsangan seksual. Hal yang dimaksud dengan tepat disini adalah dengan memanfaatkan rangsangan tersebut secara perlahan, jangan terburu-buru untuk mencapai orgasme.

Perlu diingat tidak ada frekuensi "normal" melakukan onani. Apabila Anda msih dapat menjalankan hidup dengan baik maka tidak ada permasalahan. Apabila Anda menjadi stres, sulit berkonsentrasi maka Anda harus mencari terapis.

Namun seperti halnya kebiasaan lain, segala sesuatu yang berlebihan akhirnya dapat mendatangkan dampak yang tidak diinginkan. Seseorang dengan kebiasaan terlalu sering masturbasi dapat mengalami:

- Perubahan pola tidu
- stres
- Gangguan panik / kecemasan
- Lemas
- Kurangnya konsentrasi
- Pada akhirnya dapat juga menyebabkan disfungsi ereksi dan impotensi

Tidak ada hubungan onani dan kebiasaan merokok. Seringkali pria mengait-ngaitkan onani dengan aktivitas sehari-hari sehingga terbawa menjadi suatu kebiasaan. Contohnya, melihat obyek tertentu, setiap bangun tidur, setiap akan tidur harus melakukan onani.

Jika ingin mengurangi kebiasaan masturbasi, Anda harus mencoba mengalihkan perhatian setiap kali merasa ingin melakukan masturbasi.  Pikirkanlah bagaimana kebiasaan tersebut nantinya akan mendatangkan lebih banyak mudarat daripada maanfaatnya. [ida]

Komentar Pembaca
Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

SENIN, 17 DESEMBER 2018 , 17:00:00

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00