OASE dan PIKKA Gelar

Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara Gratis

Kesehatan  RABU, 18 OKTOBER 2017 , 08:18:00 WIB | LAPORAN: ERIK OKTA

Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara Gratis

Ilustrasi/net

RMOL. Dalam rangka mewujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker, Selasa, 17 Oktober 2017, bertempat di Klinik Mediska PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang diselenggarakan kegiatan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara.

Kegiatan gratis yang digagas Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja serta Dharma Wanita Perhubungan, Persatuan Istri Karyawan Karyawati Kereta Api (PIKKA) dan Dinas Kesehatan Kota Palembang.

Pengurus OASE Endang Budi Karya didampingi Adriani Edi Sukmoro, mengatakan deteksi dini bertujuan meminimalisir penderita kanker serviks. Juga mempermudah mengobatinya kepada penderita yang diketahui dini mengidap stadium awal. Kegiatan pemeriksaan deteksi dini Kementerian Perhubungan diberikan kepada 250 orang peserta yang terdiri dari unsur Dharma Wanita Perhubungan, Persatuan Istri Karyawan Karyawati Kereta Api (PIKKA), Taruni Sekolah Perhubungan dan masyarakat sekitar Klinik Mediska Palembang.

"Disamping sebagai bagian program nasional yang ditujukan untuk mengurangi angka kematian pada wanita akibat kanker, juga dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan yang tinggi melalui pelaksanaan hidup sehat," kata Endang Budi Karya.

Selain itu beliau mengungkapkan bahwa kegiatan ini membantu wanita Indonesia untuk mengidentifikasi berbagai hal yang dapat mengancam kehidupan, kualitas kesehatan, dan menurunkan produktivitas kerja. Bentuk nyata dari upaya tersebut adalah melalui pemeriksaan IVA test sebagai upaya deteksi dini adanya kanker serviks atau kanker leher rahim pada wanita.

“Saya berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi bagian upaya promotif dan preventif pada Nasyarakat luas umumnya, dan wanita di lingkungan Perhubungan khususnya. Kegiatan ini dapat menjadi contoh juga bagi instansi lain, sebagai bentuk kepedulian pada upaya pencegahan kanker serviks secara komprehensif dan berkesinambungan," ujar Endang Budi Karya.[rik]

Komentar Pembaca
Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00

Berikan Pernyataan Perdana

Berikan Pernyataan Perdana

RABU, 27 JUNI 2018 , 23:22:00