Anies-Sandi Harus Realisasikan Janji Tolak Reklamasi

Politik  JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 18:10:00 WIB

Anies-Sandi Harus Realisasikan Janji Tolak Reklamasi

Anies-Sandi/NET

RMOL. Presiden Joko Widodo akan melantik pasangan gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada 16 Oktober mendatang. Kehadiran pemimpin baru periode 2017-2022 itu diharapkan dapat memompa semangat warga untuk kerja bersama mewujudkan Jakarta menjadi kota yang lebih baik dan manusiawi.

Senator Jakarta Fahira Idris menjelaskan, sebagai ibu kota Indonesia Jakarta adalah sebuah paradoks karena walaupun menjadi penggerak ekonomi nasional tetapi ketimpangan terbesar terutama ekonomi dan taraf hidup juga terjadi. Untuk memperkecil ketimpangan dibutuhkan pemimpin yang berpihak kepada yang lemah. Dan komitmen tersebut ada dalam kepemimpinan Anies-Sandi nanti.

"Ketimpangan di Jakarta ini persoalan serius dan harus segera ditangani. Caranya, pemimpin harus berpihak kepada mereka yang lemah dan terpinggirkan dengan membuka akses yang luas kepada mereka untuk menjangkau berbagai sumber daya yang dapat menopang kehidupan. Sehingga secara bertahap warga Jakarta yang lemah dan terpinggirkan ini membebaskan diri dari kemiskinan," jelasnya di Komplek Parlemen, Jakarta (Jumat 13/10).

Selain soal ketimpangan, kompleksitasnya persoalan dan masalah Jakarta yang begitu berat, beragam dan rumit menjadi tantangan tersendiri bagi Anies-Sandi. Jika mencermati formulasi partisipasi dan kolaborasi warga yang ditawarkan pasangan itu saat kampanye, kompleksitas masalah di Jakarta mudah-mudahan dapat terurai dengan baik.

Lanjut Fahira, kunci dari mengelola kota seperti Jakarta adalah mengajak warganya untuk bergerak bersama menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada.

"Oleh karena itu, saya berharap pola atau gaya kepemimpinan yang nanti dipraktikkan Anies-Sandi adalah mengedepankan dialog, menumbuhkan partisipasi warga, dan membuka ruang kolaborasi sebesar-besarnya kepada semua lapisan warga yang ada untuk menyelesaikan persoalan sehari-hari yang dihadapi warga ibu kota. Partisipasi dan kolaborasi inilah yang selama ini tidak terbangun di Jakarta sehingga berbagai persoalan semakin ruwet dan datang salih berganti menimpa kota ini," beber ketua Komite III DPD RI tersebut.

Fahira mengingatkan bahwa kemenangan Anies-Sandi atas petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) mampu menangkap persoalan dan keresahan yang dihadapi warga sehari-hari lewat program dan janji-janji kerja. Artinya, semua visi misi dan janji kampanye harus diwujudkan, sebesar apapun tantangannya.

"Misalnya janji tolak reklamasi Teluk Jakarta harus direalisasikan, karena mayoritas warga Jakarta juga menolak reklamasi. Begitu juga dengan program-program unggulan lain mulai dari OKOCE, KJP dan KJP Plus, DP Rumah Nol Rupiah, dan lainnya," pungkasnya. [sri]

























Komentar Pembaca
Ini Alasan Airlangga Dipertahankan

Ini Alasan Airlangga Dipertahankan

RABU, 17 JANUARI 2018 , 17:00:00

Wiranto: Teruskan Pak OSO!

Wiranto: Teruskan Pak OSO!

RABU, 17 JANUARI 2018 , 15:00:00

Reshuffle Untuk 2019

Reshuffle Untuk 2019

RABU, 17 JANUARI 2018 , 13:00:00

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

RABU, 10 JANUARI 2018 , 19:02:00

Didampingi Ayah

Didampingi Ayah

SABTU, 25 NOVEMBER 2017 , 10:17:00

Laka Tunggal 'Nyaris' Setnov

Laka Tunggal 'Nyaris' Setnov

KAMIS, 30 NOVEMBER 2017 , 16:30:00