RMOLSUMSEL

Home     


LAUNCHING PILGUB SUMSEL 2018
PILKADA MANIFESTASI KEDAULATAN, SUMSEL ZERO CONFLICT
KAMIS, 12 OKTOBER 2017 , 16:27:00 WIB
LAPORAN: SADAM MAULANA

LAUNCHING PILGUB SUMSEL 2018/RMOLSUMSEL/SADAM MAULANA
  

RMOL. Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi membuka pelaksanaan launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) 2018.

Bertempat di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Kamis (12/10), launching ditandai dengan penabuhan gendang yang dilakukan Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Komisioner KPU RI Viryan, Ketua KPU Sumsel Aspahani dan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Harjono.

Launching Pilgub kali ini dikemas dengan sesuatu yang berbeda. Kegiatan ini juga tercatat dalam musium rekor Indonesia (Muri), menghadirkan replika kotak suara raksasa yang terdiri dari 1.827 kotak aluminium dengan lebar dan panjang 6 meter, dan tinggi 7 meter.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin turut menyaksikan keberadaan kotak suara raksasa. Sebagai orang nomor satu di Bumi Sriwijaya, Alex secara simbolis meletakkan tumpukkan kotak aluminium yang belum terpasang hingga kotak suara raksasa terbentuk sempurna.

Dalam meletakkan kotak tersebut Alex dibantu Komisioner KPU RI Viryan, Ketua KPU Sumsel Aspahani dan Ketua DKPP Harjono. Dengan launching yang dirancang secara meriah ini dia berharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih.

Apalagi di Sumsel juga akan ada pemilihan empat Walikota dan lima Bupati. Dimana selain Sumsel, kota Palembang, Lubuk Linggau, Pagar Alam dan Prabumulih juga akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Termasuk Kabupaten Banyuasin, Ogan Komering Ilir (OKI), Muara Enim, Lahat, dan Empat Lawang, akan memilih calon pemimpin baru untuk periode 2018-2023.

"Pilkada serentak untuk Pilgub, empat Walikota dan lima Bupati kami yakin akan berjalan dengan baik. Demokrasi di Sumsel berjalan dengan baik dan In Shaa Allah akan selalu kondusif," kata Alex.

Menurutnya, Sumsel merupakan provinsi zero conflict. Dia yakin tidak akan ada kerusuhan dari pelaksanaan Pilkada. Dan dia berharap siapapun yang terpilih sebagai kepala daerah dapat menjadi pemimpin yang amanah.

"Kepala daerah harus memiliki program pembangunan demi kepentingan masyarakat. Dari Pilkada akan muncul pemimpin baru dan harus melanjutkan pembangunan Sumsel yang saat ini sedang gencar," ujarnya.

Sementara Komisioner KPU RI Viryan meminta agar pemilih menggunakan hak dengan bijak di Pilkada serentak 2018. Karena satu suara sangat menentukan kemakmuran masyarakat dalam lima tahun kedepan.

"Mengenai pemilih, kami berharap semuanya dapat menggunakan hak pilih. Dan yang terkendala masalah e-KTP juga dapat segera menyelesaikannya agar pilihannya dapat tersalurkan di Pilkada tahun depan," ucapnya.

Sama seperti Viryan, Ketua DKPP Harjono berharap agar Pilkada kali ini dapat berjalan secara demokratis. Baginya Pilkada merupakan manifestasi kedaulatan rakyat.

"Soal pelanggaran etika di Pilkada nanti itu urusannya DKPP yang bertanggungjawab. Jangan sampai ada permasalahan yang berkepanjangan. Sebagai pegakkan etika kami akan menjalankan fungsi secara adil," tegasnya.

Selain memecahkan rekor Muri melalui kotak suara raksasa, dalam sosialisasi launching KPU Sumsel juga menggelar berbagai event. Antara lain, festival band, lomba potoboot, serta atraksi 27 penari tradisional. Pilgub Sumsel sendiri akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018.

Bersamaan dengan itu, KPU Sumsel juga melakukan sosialisasi dengan memanfaatkan Jembatan Ampera. Spanduk raksasa bertuliskan "Peresmian dan Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 27 Juni 2018" dibentangkan di tengah Jembatan yang menghubungkan Seberang Ulu dan Ilir kota Palembang.

"Besar harapan kami agar partisipasi pemilih dapat meningkat. Dengan cara ini kami ingin ada kesadaran agar masyarakat menggunakan hak pilihnya," kata Ketua KPU Sumsel Aspahani.[rik]


Baca juga:
SUMSEL PERTAMA TERAPKAN JIPP DI SUMATERA
LAUNCHING PILGUB SUMSEL 2018 PECAHKAN REKOR MURI
PILKADA SUMSEL HARUS AMAN DAN DAMAI
SOSIALISASIKAN PILGUB SUMSEL MELALUI JEMBATAN AMPERA
JANGAN PERGI KALAU UNTUK KALAH


Komentar Pembaca






Berita Populer

Inilah Nama-nama Calon Kepala Daerah yang Diusung PDIP
Demokrat Serahkan SK Dukungan Untuk Harnojoyo-Fitri
Kasihan! Titiek Soeharto Hanya Dijadikan Korban Permainan Politik...