RMOLSUMSEL

Home     


KALIDONI IKON PALEMBANG EMAS
CAMAT IT II BUAT BANK SAMPAH DI SELURUH KELURAHAN
RABU, 11 OKTOBER 2017 , 17:36:00 WIB
LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

POSDAYA KEBUMEN GEMILANG SEJAHTERA, MENUNJUKKAN HASIL KERAJINAN DARI SAMPAH DAN KORAN BEKAS. (RMOLSUMSEL/RMS)
  

RMOL. Dua kecamatan yang didatangi tim penilai kegiatan lomba keberhasilan camat tahun 2017 pada hari ini, Kamis (11/10/17), cukup membuat takjub. Selain proses persiapan yang cukup matang, beberapa terobosan yang dilakukan Kecamatan Ilir Timur (IT) II dan Kecamatan Kalidoni, memberi jawaban jika kinerja keduanya, cukup memberikan kepuasan bagi para penilai yang hadir.

Seperti Kampung ramah lingkungan yang menjadi binaan Kecamatan IT II, menunjukkan hasil yang cukup memuaskan, mulai dari pemaparan hingga penilaian di lapangan.

Keberadaan Posdaya Kebumen Gemilang Sejahtera, Rumah Sehat dan Bank Sampah di kawasan Jalan Sersan Zaini Kelurahan 2 Ilir, cukup membuktikan kinerja yang dilakukan Camat IT II, Syahruligama sejalan dengan program yang dicanangkan Walikota Palembang, Harnojoyo.

Kepada RMOL Sumsel, Camat yang pernah menorehkan prestasi sebagai Pembina Kampung Iklim Terbaik di Indonesia tahun 2017 menerangkan, saat ini pihaknya terus berbenah, untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Dimana, sesuai instruksi Walikota Palembang, Harnojoyo, bahwa setiap Kecamatan diminta untuk memberikan terobosan terhadap program demi terciptanya Palembang EMAS (Elok Madani Aman dan Sejahtera) 2018.

"Kita tetap jalankan program yang dicanangkan Walikota. Sebagai tambahan, kita juga memberikan terobosan program yang dilaksanakan Kecamatan IT II," jelasnya saat melaksanakan pemaparan di hadapan juri dan tamu undangan yang hadir di Balai Kecamatan, Rabu (11/10/17).

Syahrul mengakui  masih kurangnya partisipasi masyarakat terhadap kegiatan gotong royong. Selain itu kurangnya tempat pembuangan sampah atau TPS. Tapi baginya itu bukan alasan untuk tidak berbuat bagi terciptanya lingkungan yang asri.

Terkait dengan hal tersebut, ada beberapa terobosan baru yang coba dilakukan pihaknya saat ini, yakni membuat bank sampah di seluruh kelurahan.

"Jadi, kita menginginkan setiap kelurahan memiliki satu bank sampah. Sehingga, sampah yang dulunya menjadi masalah serius, akan memberikan efek terhadap nilai sampah. Sehingga orang akan berpikir dua kali untuk membuang sampah jika harga sampah dapat bernilai ekonomis bagi mereka," terangnya.

Hal yang sama dilakukan Camat Kalidoni, Arie Wijaya, yang baru menjabat sebagai pimpinan kurang lebih tiga bulan tersebut, mampu memberikan hal positif terhadap warga di kawasan tersebut.

Dimana, pria yang pernah mendapat predikat Lurah terbaik se-Indonesia ini, membuat terobosan berupa pembentukan Satuan Kerja (Satker) Kecamatan yang melibatkan masyarakat secara langsung.

Selain itu, Kecamatan yang memiliki luasan 3.325 Hektare ini, juga sedang mencanangkan program terkait pembinaan petani, melalui program pengembangan kawasan pertanian dengan membantu petani mendapatkan sertifikat tanah.

Karena, dari 1000 hektare tanah pertanian yang dimiliki petani, 60%-nya belum punya surat.

"Ada tiga Satker yang kita buat, yakni bidang pertanahan, pemberdayaan masyarakat dan pembangunan. Dimana, kami membagi tiga satker ini guna memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat," ulasnya.

Banyak program yang dicanangkan Kecamatan Kalidoni, salah satunya, mengemukakan ide nya untuk memulai role model atau pilot project yang dinamakan "Miniatur Palembang EMAS".

Dimana miniatur ini merupakan upaya yang dilakukan Kecamatan Kalidoni guna membangun suatu kondisi masyarakat yang sesuai dengan Visi EMAS yang diusung oleh Walikota dan Wakil Walikota Palembang.

"Jadi kita mewajibkan setiap Lurah di wilayahnya masing-masing untuk menunjuk satu wilayah RT (Rukun Tetangga) yang dianggap mampu dan siap untuk dijadikan sebagai percontohan Miniatur Palembang EMAS ini," tandasnya.[sri]





Baca juga:
PEMKOT KEMBALI NILAI KEBERHASILAN CAMAT DI PALEMBANG
RESMI, NASDEM DEKLARASI PASANGAN SARIMUDA- ROZAK
GOTONG ROYONG HARI INI FUNGSIKAN KEMBALI SALURAN AIR DI SUKARAMI DAN KEMUNING
INI MISI PROGRAM SUBUH BERJAMAAH HARNOJOYO
PERTAHANKAN NILAI SEJARAH, HARNOJOYO PERINTAHKAN PEMBONGKARAN PASAR CINDE DIHENTIKAN


Komentar Pembaca






Berita Populer

Ditarget 200 Medali Emas, Bonus Melimpah Menanti Atlet Palembang
Palembang Kini Punya 5.843 Kader Lingkungan
Tahun Depan, Pemkot Palembang Buka Mall Pelayanan Publik