Kadar Air Sungai Musi Masih Aman, Dinas LHK Minta Masyarakat Menjaganya

PEMKOT PALEMBANG  RABU, 11 OKTOBER 2017 , 14:52:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Kadar Air Sungai Musi Masih Aman, Dinas LHK Minta Masyarakat Menjaganya
RMOL. Air menjadi sumber utama kehidupan manusia, untuk itu perlu peran serta setiap element masyarakat dalam menjaganya. Seperti menjaga sungai yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber air bersih.

Seperti harapan yang disampaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Palembang, terkait kebersihan sungai yang ada di Palembang.

Kepada RMOLSumsel, Kepala Dinas LHK Kota Palembang, Faizal AR, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap sungai-sungai yang ada di Palembang, termasuk sungai Musi yang menjadi sumber air, yang dikelola oleh perusahaan daerah.

"Kami terus melakukan pemantauan, baik itu kadar limbah yang tercemar dan lain hal. Jadi, kami selalu memantau, bahkan baru-baru ini telah melaksanakan pengecekan sample air, yang memang dilakukan tiga kali dalam satu tahunnya," jelasnya.

Faizal mengungkapkan, belum lama ini ada statment dari Badan Lingkungan Hidup dan Pertanahan (BLHP) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dimana sepanjang 2016, sungai yang menjadi icon Kota Palembang ini, telah tercemar berat.

Padahal, berdasarkan hasil pengecekan pihaknya, sungai Musi sampai saat ini masih dalam kadar aman. Karena? dalam setahun pihaknya rutin melakukan pengecekan terhadap Sungai Musi.

"Kami telah melaksanakan pengecekan sample air kurang lebuh dilakukan tiga kali dalam satu tahunnya. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, mengingat Sungai Musi ini merupakan sumber air bagi kita semua, Pemkot memastikan kadar airnya masih bagus, " imbuhnya.

Meski begitu, Faizal tetap menganggap apa yang disampaikan oleh pihak Provinsi adalah masukan yanh positif.

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat Palembang agar tetap menjaga kebersihan, utamanya Sungai Musi guna menghindari peningkatan tingkat pencemaran sungai.

Karena pencemaran sungai kebanyakan disebabkan kebiasaan masyarakat yang buang sampah sembarangan yang langsung buang sampah di sungai.

"Itulah kenapa Walikota Palembang terus menggalakkan program gotong royong. Agar hal ini bisa dihindari, bahkan kita berharap nantinya sungai kebanggaan kita ini airnya bisa jernih sehingga akan berdampak baik pada generasi yang akan datang, " ulasnya.[sri]








Komentar Pembaca
SBY Dihajar Lawan Politik?

SBY Dihajar Lawan Politik?

KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 11:00:00

Melly Goeslaw - Ketulusan Hati (Bag.2)

Melly Goeslaw - Ketulusan Hati (Bag.2)

KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 09:00:00

Melly Goeslaw - Bunda (Bag.1)

Melly Goeslaw - Bunda (Bag.1)

KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 07:00:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00

Berikan Pernyataan Perdana

Berikan Pernyataan Perdana

RABU, 27 JUNI 2018 , 23:22:00

Massa Minta PSU Pilgub Sumsel 2018

Massa Minta PSU Pilgub Sumsel 2018

JUM'AT, 06 JULI 2018 , 18:37:00