Pasien Membludak, RSUD Prabumulih Tambah Mesin Cuci Darah

Sosial  SELASA, 10 OKTOBER 2017 , 21:21:00 WIB | LAPORAN: DEDE SUHEN

Pasien Membludak, RSUD Prabumulih Tambah Mesin Cuci Darah

Ruang Hemodialisa RSUD PRabumulih/rmolsumsel-dek

RMOL. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prabumulih dalam waktu dekat akan menambah mesin cuci darah sebanyak dua unit. Ini dilakukan sebagai imbas meningkatnya permintaan cuci darah di RSUD.

Saat ini Ruang Hemodialisa RSUD Prabumulih telah menampung 20 pasien yang melakukan cuci darah dari berbagai daerah baik Kota Prabumulih maupun luar Kota Prabumulih.

"Ada yang dari Prabumulih, Lubai, Baturaja dan yang paling jauh itu ada dari Lampung," ungkap Direktur RSUD Prabumulih dr Hj Rusmini Erwansyah melalui Kabag Tata Usaha Adi Kuanto, Selasa (10/10).

Adi menjelaskan RSUD Prabumulih saat ini hanya memiliki 4 unit mesin cuci darah. Jumlah tersebut kurang maksimal untuk melayani semua pasien yang ada.

"Hanya bisa melayani 8 pasien per harinya. Kami berharap penambahan mesin nantinya dapat melayani lebih banyak pasien," jelasnya.

Menurut Adi, meningkatnya pasien yang melakukan curi darah di RSUD Prabumulih terjadi akibat membludaknya pasien di rumah sakit Kabupaten/Kota lain.

"Dalam sehari satu mesin hanya bisa digunakan untuk dua pasien. Mungkin.karena penuh, jadi dirujuk ke sini," ujarnya.

Sementara, Kepala Ruangan Hemodialisa RSUD Prabumulih, Widyastuty STP menerangkan proses pencucian darah pasien bisa memanak waktu berkisar antara 4 sampai 5 jam untuk satu pasien.

"Untuk jadwalnya itu pagi sekitar pukul 07.00 WIB dan siang pukul 15.00 WIB," terangnya.

Lebih jauh, Adi mengatakan untuk pasien gagal ginjal yang melaukan pelayanan cuci darah sendiri dapat menggunakan kartu BPJS Kesehatan.

"Kalau pasien umum harus memnayar tarif sebesar Rp 800 ribu," tambahnya. [ida]

Komentar Pembaca
Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00